TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Cepat Stop Turis China, Jangan Sampai Menyesal

Laporan: AY
Jumat, 06 Januari 2023 | 13:32 WIB
foto: Ist
foto: Ist

JAKARTA - Pandemictalks mengunggah foto puluhan orang sedang berjalan kaki. Dia menyebutkan, sebanyak 13 negara mem­batasi kedatangan turis China. Berbeda dengan Indonesia yang justru menarget­kan 253 ribu turis China masuk ke Tanah Air pada 2023 ini.
Ke-13 negara itu mewajibkan turis China menjalani tes Covid-19 sebelum memasuki wilayah mereka. Yaitu, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Prancis, Spanyol, Italia, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Qatar, Malaysia, dan India.
“Sedangkan, Maroko menutup akses masuk untuk pelancong asal China,” jelas Pandemictalks.

Keputusan belasan negara yang mem­batasi masuknya turis China menyusul melonjaknya kasus Covid-19 di China. Peningkatan kasus itu akibat dicabutnya pembatasan aktivitas masyarakat oleh Pemerintah China, meskipun Beijing tidak mengakuinya.

Tentang Pemerintah Indonesia yang menargetkan peningkatan turis China berkunjung ke Tanah Air di tahun 2023, kata Pandemictalks, disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.
“Sandiaga Uno menjelaskan pemerin­tah menargetkan adanya 253 ribu kun­jungan turis China ke Indonesia di tahun 2023,” ujarnya.

Pandemictalks menegaskan, kebijakan Menparekraf cukup bertentangan dengan kondisi yang terjadi di China pada saat ini. Kata dia, di Tiongkok ka­sus Covid-19 Omicron sedang berada di tahap ganas menyebabkan peredaran kasus tertinggi selama beberapa bulan terakhir.
“Segera tutup akses turis asal China. Kasihan masyarakat yang baru mulai bangkit,” pinta @Kue_kicik.

Senada dilontarkan @aristonstg. Dia menyarankan Pemerintah Indonesia segera menutup pintu masuk bagi turis China daripada kejadian seperti tahun 2020 lalu yang terlambat bersikap. Kata dia, Pemerintah jangan terburu-buru mendatangkan turis dari China karena di sana Covid-19 masih tinggi.

“Tutup, jangan sampai kita seperti dulu sok-sok-an aman, akhirnya malah terlam­bat,” desak @bagusdowb. “Tutup cepat sebelum menyesal kemudian. Kesehatan masyarakat itu prioritas,” tambah @milodemilo5.

Akun @nctwaycollect mengajak Pemerintah Indonesia siap-siap menghadapi gelombang Covid-19 baru dari China. Caranya, kata dia, segera tutup akses masuk bagi turis China. Kata dia, dari­pada terlambat dan menyesal kemudian, lebih baik mencegah.
“Bila nggak mau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan lagi, buruan tutup akses pelancong China,” kata @bimasakti­wahyu_drg.

“Demi kebaikan bersama, seharusnya Indonesia tutup juga untuk meminimalisir lonjakan Covid-19 seperti dulu,” sam­bung @tutswardana.

Akun @Shiroishiii meminta Pemerintah belajar dari kesalahan masa lalu yang telat menutup akses pelancong dari China. Apalagi, kata dia, tahun depan sudah masuk tahapan Pemilu.

“Jangan sampai nanti kasus Covid-19 melonjak sebagai alasan menunda pemilu,” katanya.
Akun @Korneliuscalvin kesal Indonesia selalu belakangan dalam menutup akses dari China. Dia menyarankan Pemerintah belajar dari India di mana kasus Covid-19 meledak gara-gara telat menutup akses.

“Tidak ada gunanya PPKM ditarik Pemerintah, bila turis China bebas masuk ke Indonesia,” imbuh @rein1241.
Akun @Nvtayulian mengaku sangsi Pemerintah akan menutup akses pelancong dari China. Bahkan, kata dia, negara lain banyak yang menutup akses turis dari China. “Malahan negeri wakanda bakal membuka selebar-lebarnya,” katanya. Rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo