TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tim Kerja "Sikopi" Gelar Rekonsiliasi Dan Vertifikasi LAKIP, LKPJ, Dan LPPD

Laporan: Irma Permata Sari
Jumat, 20 Januari 2023 | 17:23 WIB
Kegiatan REKONSILIASI DAN VERIFIKASI LAKIP,LKPJ, DAN LPPD  dari Tim "SIKOPI"
Kegiatan REKONSILIASI DAN VERIFIKASI LAKIP,LKPJ, DAN LPPD dari Tim "SIKOPI"

GADING SERPONG - Dalam rangka efisiensi dan efektivitas pengumpulan data untuk pelaporan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Bidang Perencanaan, Data, Evaluasi Pembangunan Daerah Bapelitbangda menggelar verifikasi LKPJ, Lakip,LPPD dan Laporan SPM Tahun 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Ibis,Gading Serpong, Kemarin.

Kepala Bapelitbangda, Eki Herdiana, menjelaskan, kegiatan ini merupakan rekonsiliasi dan verifikasi data dukung LKPJ, Lakip, LPPD dan data SPM tahun anggaran 2022 yang dilakukan melalui inovasi SIKOPI (Sinergi  dan Kolaborasi Pelaporan Terintegrasi) antara Bapelitbangda, Bagian Tata Pemerintahan dan Bagian Organisasi Setda.

"Kami mengapresiasi kinerja Tim Kerja SIKOPI yang telah mencapai 70% dalam penerimaan data dukung laporan yang telah terintegrasi,"ungkapnya.

Eki menyampaikan bahwa kegiatan rekonsiliasi dan verifikasi ini merupakan salah satu kunci utama dalam upaya penyusunan laporan yang akuntabel, karena perannya yang sangat penting dalam rangka meminimalisasi terjadinya perbedaan pencatatan data yang berdampak pada validitas dan akurasi data yang disajikan dalam laporannya. 

Lebih lanjut, bahwa data yang diserahkan belum tentu telah terupdate dan sesuai dengan ketentuan sehingga kegiatan ini bertujuan melakukan rekonsiliasi dan verifikasi terhadap kesesuaian, keabsahan dan validitas data yang diserahkan.

Dirinya berharap agar laporan dibuat dengan lebih baik dan benar serta sesuai dengan timeline batas waktu penyerahan. kecepatan perangkat daerah menyerahkan data dalam menyusun laporan-laporan ini, memberikan dampak penting dalam penilaian sehingga berpengaruh dalam pemberian opini dari pemerintah pusat. 

"Sesuai arahan Bapak Sekda beberapa minggu lalu, kita ingin target indeks capaian LAKIP dan LPPD tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. oleh karena itu komitmen pimpinan perangkat daerah untuk terus memonitor pelaksanaan penyusunan laporan ini sangat menentukan keberhasilannya.”harapnya.

Selanjutnya kepada tim kerja SIKOPI, laporkan progres kegiatan ini setiap minggu ke pimpinan masing-masing.
Batas akhir pelaksanaan kegiatan penyusunan ketiga laporan ini adalah 31 maret 2023 sehingga baik Tim Kerja SIKOPI (bapelitbangda, bkad, bagian tata pemerintahan dan bagian organisasi) dan perangkat daerah harus segera menyelesaikan proses ini sesuai dengan pentahapan waktu kegiatan yang telah disusun dalam rangka efisiensi dan efektivitas pengumpulan datanya.

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber  Kepala Bapelitbangda Eki Herdiana, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Heru Sudarmanto, Kepala Bidang PDEPD Carolina Darmawati, dan Analis Kebijakan Muda Bagian Organisasi Randi Patabai.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo