TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Lakukan Kunjungan Bilateral Ke Saudi

Mendag Zulhas Sempatkan Umrah Untuk Doakan Indonesia

Laporan: AY
Sabtu, 21 Januari 2023 | 14:49 WIB
Mendag Zulkifli Hasan saat Umrah. (Ist)
Mendag Zulkifli Hasan saat Umrah. (Ist)

ARAB SAUDI - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertolak dari Jakarta menuju Madinah, Arab Saudi, pada Jumat (20/1) dini hari untuk melakukan kunjungan bilateral perdagangan ke Arab Saudi.

Mendag Zulhas dan rombongan Kemendag diagendakan menandatangani kerja sama dagang berskala besar yang akan berkontribusi bagi perekonomian Tanah Air pada 2023. 

Dalam kunjungan yang akan dihelat selama tiga hari itu (Jakarta-Madinah-Makkah-Jeddah-Riyadh-Jakarta), Kemendag direncanakan menandatangani beberapa MoU dengan sejumlah perusahaan strategis di Arab Saudi, kamar dagang Saudi, perbankan, dan Gulf Cooperation Council (GCC).

Delegasi yang dipimpin langsung oleh Mendag Zulhas ini akan diterima secara langsung pula oleh Menteri Perdagangan Kerajaan Arab Saudi, H.E. Dr. Majid bin Abdullah Al-Qasabi di Al-Ula.

"Ini kunjungan yang penting karena hubungan baik Indonesia-Saudi Arabia akan terus diperkuat dengan kerja sama perdagangan yang semakin strategis dan kuat. Insya Allah akan menguntungkan kedua negara dan mempererat persahabatan," kata Mendag Zulhas, di Makkah, Sabtu (21/1).

Di sela-sela kunjungan kenegaraan tersebut, Mendag Zulhas bersama rombongan Kemendag menyempatkan diri untuk melakukan ibadah umrah.

Setibanya di Madinah, rombongan Kemendag yang didampingi Dirjen PEN Didi Sumedi, Staf Khusus Kemendag Alhilal Hamdi dan Hadi Daryanto, serta Kepala ITPC Jeddah Rivai Abbas, bertolak ke Mekah untuk melakukan umrah.

Sebelum melakukan kerja besar, setelah semua ikhtiar dimaksimalkan, sangat penting untuk kita sempurnakan dengan berdoa kepada Allah SWT. Ini wujud sikap tawakal kita. Kami juga berdoa secara khusus untuk kebaikan dan keselamatan bangsa Indonesia. Semoga senantiasa dalam lindungan, rahmat dan berkah Allah," harap Ketua Umum PAN itu, dalam perjalanan menuju Masjidil Haram.

Bagi Zulhas, di tengah situasi dunia yang mulai bergejolak dan tidak menentu pada tahun 2023 ini, berdoa adalah salah satu upaya penting agar Indonesia bisa terhindar dari situasi-situasi yang tidak diinginkan.

"Tugas kita sebagai manusia adalah berikhtiar. Tugas saya sebagai Mendag adalah memperkuat perekonomian bangsa kita melalui sektor perdagangan, ini telah, sedang dan akan terus dilakukan. Tetapi kita juga perlu berdoa dan tawakal kepada Allah SWT agar senantiasa mendapatkan perlindungan dan rahmatNya," tuturnya.

Mendag bersyukur bisa mengawali tahun 2023 ini dengan melakukan ibadah umrah, apalagi hal itu dilakukan bersamaan dengan kerja nyata untuk meningkatkan nilai dagang Indonesia-Arab Saudi yang menjadi bagian dari tugasnya.

Menghadapi 2023, Zulhas optimistis bangsa Indonesia bisa melewati tahun yang diramalkan para ekonom dan pelaku usaha akan menjadi tahun yang berat.

"Saya selalu optimistis kita akan bisa melewati tahun ini dengan baik. Tentunya kita perlu bersama-sama," tandasnya.

Setelah berumrah, Mendag dan rombongan langsung bergegas kembali ke Jeddah untuk melakukan pertemuan dengan pelaku usaha Indonesia dan importir.

Selain itu, ia juga diagendakan untuk dijamu oleh Syekh Ibrahim Assubaie, bangsawan Kerajaan Arab Saudi dan pemegang saham Bank Albilad Jeddah. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo