TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Banjir Di 4 Negara Bagian Malaysia, Hampir 14 Ribu Orang Ngungsi

Laporan: AY
Sabtu, 28 Januari 2023 | 14:52 WIB
Banjir di Malaysia melanda 4 Negara bagian. (Ist)
Banjir di Malaysia melanda 4 Negara bagian. (Ist)

MALAYSIA - Curah hujan yang tinggi dan terus-menerus yang dipicu oleh monsun timur laut, telah menyebabkan banjir besar di Malaysia. Sebanyak 13.827 atau nyaris 14 ribu orang terpaksa dievakuasi di tiga negara: Johor, Sabah, dan Penang, Sabtu (28/1). 

Kantor Berita Bernama melaporkan, sebanyak 13.827 pengungsi berada di 73 pusat bantuan sementara. Jumlah pengungsi di Johor, naik sedikit menjadi 3.480 dari 3.328, pada pukul 8 pagi ini. Mereka berasal dari Mersing, Kluang, Kota Tinggi, Batu Pahat, Segamat dan Tangkak.

Empat sungai di Johor, yakni Sungai Lenik di Segamat, Sungai Kahang di Kluang, Sungai Muar di Muar, dan Sungai Endau di Mersing disebut telah mencapai level berbahaya.

Kenaikan jumlah pengungsi, juga terjadi di Sabah. Dari 10.312 pada Jumat (27/1), menjadi 10.347 pada Sabtu (28/1) pagi.

Pusat bantuan lainnya, dibuka di Lahad Datu pada Jumat (27/1) malam, untuk menampung lebih banyak pengungsi. Selain itu, juga dibuka di Pitas, Tawau, dan Telupid.

Sementara di Pahang, tidak ada pengungsi baru. Jumlahnya, tetap 353 orang.

Desember lalu, Malaysia juga mengalami banjir parah. Hampir 70 ribu orang mengungsi di lima negara bagian, dan mengakibatkan lima kematian. Termasuk, bayi laki-laki berusia 15 bulan.

Daerah yang paling terdampak adalah wilayah pantai timur semenanjung. Mayoritas pengungsinya, berasal dari Kelantan dan Terengganu.

Kala itu, Departemen Meteorologi Malaysia mengatakan, hujan dapat berlangsung hingga awal 2023 karena La Nina aktif dan pertemuan Dipol Samudra Hindia yang negatif. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo