TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Head To Head Di Putaran Kedua, Ganjar Diprediksi Menang Lawan Anies

Laporan: AY
Jumat, 03 Februari 2023 | 20:32 WIB
Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo

JAKARTA - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memprediksi, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan bakal bersaing ketat di Pilpres 2024.
Kedua figur itu diperkirakan melaju ke putaran kedua bila terdapat empat calon presiden (capres) yang akan bertarung.
Simulasinya, Ganjar Pranowo diusung PDIP, Anies Baswedan diusung Koalisi Perubahan; Airlangga Hartarto diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB); dan Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Gerindra-PKB.

"Jika yang maju adalah 4 nama ini, Ganjar mendapatkan dukungan yang paling baik dan memiliki selisih yang signifikan dengan nama-nama lain," ujar Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam keterangannya, dikutip Jumat (3/2).

Berdasarkan hasil simulasi empat nama tersebut, ternyata tak ada yang dapat dukungan dominan. Karena itulah, Saiful memprediksi Pilpres 2024 bakal berlangsug dalam dua putaran.
Dalam putaran kedua itu, Ganjar diprediksi menang dengan elektabilitas 52,4 persen, sedangkan elektabilitas Anies 39,5 persen.

"Pada putaran kedua, Ganjar lebih unggul dari Anies," imbuhnya.

Saiful menjelaskan, prediksi itu didasari data tren elektabilitas Mei 2021 sampai Desember 2022. Dukungan terhadap Ganjar dan Anies cenderung menguat, sedangkan Prabowo sebaliknya cenderung menurun.

"Jadi, kalau melihat tren ini, maka Anies kemungkinan akan berhadapan dengan Ganjar di putaran kedua. Ini seperti pilpres pertama kita 2004. Calonnya lebih dari dua, sehingga terjadi dua putaran," ungkapnya.

Dia merinci, berdasarkan survei Mei 2021 sampai Desember 2022, elektabilitas Prabowo disebut cenderung menurun. Dari 34,1 persen pada survei Mei 2021 menjadi 26,1 persen di Desember 2022.
Sementara Ganjar cenderung naik dari 25,5 persen menjadi 33,7 persen di periode yang sama. Anies juga cenderung naik walaupun tidak sekuat Ganjar, dari 23,5 persen menjadi 28,1 persen.

Dalam survei Desember 2022, lanjut Saiful, Ganjar mendapatkan suara 43,3 persen sementara Anies 40,5 persen. Ada 16,2 persen yang belum menentukan pilihan.

Saiful mengungkapkan, angka 16,2 tersebut belum diketahui akan merujuk ke siapa. Sehingga posisi Ganjar dan Anies di data ini seimbang karena selisihnya di bawah margin of error 3,1 persen.

 Namun, Saiful mengatakan saat ini pengetahuan masyarakat terhadap Anies jauh lebih besar dibanding terhadap Ganjar. Dengan sosialisasi, menurutnya pengetahuan publik pada kedua nama tersebut akan relatif sama.

"Hasil analisis terhadap data survei SMRC Desember 2022 menunjukkan, jika tingkat kedikenalan Anies dan Ganjar sama, maka hasil elektabilitas keduanya mengalami perubahan, Ganjar naik menjadi 52,4 persen, Anies 39,5 persen," tegas Saiful.

"Jadi, Ganjar sudah dapat 50 persen lebih, menurut prediksi kita pada survei Desember ini. Data ini menunjukkan bahwa dilihat dari probabilitasnya, pada putaran kedua, Ganjar akan unggul," tandas Saiful. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo