TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gempa Turki Tewaskan Lebih Dari 2.300 Orang, Jokowi Turut Berduka

Laporan: AY
Selasa, 07 Februari 2023 | 06:32 WIB
Presiden Jokowi. (Foto : Setpres)
Presiden Jokowi. (Foto : Setpres)

JAKARTA - Presiden Jokowi menyampaikan ucapan belasungkawa kepada korban gempa bermagnitudo 7,8 di Turki.

Menurut laporan BBC, hingga saat ini, gempa M7,8 Turki di wilayah tenggara dekat perbatasan Suriah, telah merenggut lebih dari 2.300 nyawa.

Dengan rincian 1.500 orang di Turki menurut catatan Badan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD), dan 810 orang di Suriah.

Sementara korban luka, mencapai ribuan orang. Sedikitnya 5.385 orang di Turki dan 2.000 di Suriah.

“Duka cita terdalam saya, untuk seluruh korban gempa di wilayah tenggara Turki dan utara Suriah. Segenap pikiran dan doa kami bersama seluruh korban dan keluarganya. Indonesia terus meneguhkan solidaritas dengan seluruh rakyat Turki dan Suriah,” kata Jokowi via Twitter, Senin (6/2).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, saat ini, 45 negara telah menawarkan bantuan. Sementara Sekretaris Jenderal PBB António Guterres telah menyerukan tanggapan internasional terhadap krisis tersebut.

"Banyak keluarga yang terkena bencana. Mereka sudah sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan. Terutama, di daerah-daerah yang sulit dijangkau," ujar Guterres.

Erdogan menyebut, bencana gempa M7,8 yang mengguncang Turki pada Senin (6/2), adalah yang terburuk setelah gempa Erzican di wilayah timur Turki pada tahun 1939. Korban meninggal dalam genpa Erzican kala itu, mencapai hampir 33 ribu orang.

Namun, pada tahun 1999, juga terjadi gempa yang mengakibatkan lebih dari 17 ribu orang meninggal di wilayah barat laut Turki.

Faktanya, Turki memang terletak di salah satu zona gempa paling aktif di dunia. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo