TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Emak-emak Sulap Lele Jadi Kerupuk & Abon

Melihat Pelatihan Olahan Ikan Oleh PT IKPP Tangerang

Laporan: Sudin Antoro
Jumat, 17 Februari 2023 | 07:20 WIB
Emak-emak mengikuti pelatihan cara mengolah ikan lele yang diadakan oleh PT IKPP Tangerang Mill.
Emak-emak mengikuti pelatihan cara mengolah ikan lele yang diadakan oleh PT IKPP Tangerang Mill.

SERPONG UTARA - PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tbk Tangerang Mill menggelar pelatihan olahan ikan lele. Bertempat di Jalan H Joan, Kelurahan Pondok Jagung Timur, Kecamatan Serpong Utara pada Rabu (15/2).

Emak-emak se-Serpong Utara nampak antusias mengikuti pelatihan olahan lele tersebut. PT IKPP Tangerang menghadirkan langsung pelatih terampil yaitu, Pembudidaya dan Olahan Lele dari Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu yakni, Sugiat.

Terlihat emak-emak tersebut fokus memperhatikan bagaimana cara mengolah lele menjadi makanan yang lezat dan ada nilai pasar. Pelatihan dimulai dari pencucian lele, memotong lele, mencampur adonan tepung agar gurih, dan memasak lele tersebut.

Head of Corporate Social Responsibility (CSR) IKPP Tangerang, Lily Yulianingsih mengatakan, kegiatan ini merupakan pelatihan lele dalam program PT IKPP Tangerang. Dirinya menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengembangkan bisnis dari emak-emak maupun bapak-bapak untuk bisa menjual produk turunan dari kolam lele.

"Jadi tidak hanya menghasilkan lele segar, tapi juga ibu-ibu kita libatkan untuk bisa membuat olahan lele yang hari ini kita pelajari seperti lele kripsi, rempeyek lele dan sebelumnya juga kita pernah ajarkan nugget lele, abon lele dan lain lain," ujarnya.

Pihaknya akan terus mendampingi masyarakat agar mereka lebih bisa mengembangkan dirinya.

"Tidak hanya dari sisi pelatihan pelatihan saja, tapi juga inovasi inovasi lele juga harus kita pikirkan, termasuk marketnya juga nanti harus kita pikirkan juga. Dan harus bagaimana mendampingi mereka jangan sampai mereka sudah memproduksi tapi tidak bisa berjualan," terangnya.

Berharap dengan adanya pelatihan olahan lele ini agar masyarakat bisa lebih mandiri ke depannya, sehingga bisa menjadi usaha kecil yang dilakukan dari rumah.

"Harapan kita adalah masyarakat ini bisa mandiri kedepannya menjadi usaha usaha kecil yang mereka bisa lakukan dari rumah mereka, kelompok kelompok mereka bisa lebih maju dan berinovasi dengan produk-produk lainnya," paparnya.

Sementara, seorang peserta pelatihan, Tuti mengaku, dirinya sangat senang sebab pelatihan ini menguntungkan. Selain mendapatkan ilmu, emak-emak juga bisa menambah jenis usaha.

Tuti menerangkan, dirinya juga langsung akan mempraktekkan pelatihan ini di rumah, agar bisa lebih terbiasa membuat olahan dari lele.

"Insya Allah saya bikin. Saya mau tawarkan ke teman-teman secara online Insya Allah. Karena saya memang sudah membuat lele berupa kerupuk lele. Jadi ini ada tambahan baru. Berarti kan ada tambahan baru untuk usaha kita," tutupnya.

Komentar:
Eka Hospital
Perkim
Bapenda
ePaper Edisi 20 Mei 2024
Berita Populer
03
06
Pesawat Latih Jatuh di BSD Memakan 3 Korban Jiwa

TangselCity | 13 jam yang lalu

09
Jelasin Kenapa Uang Kuliah Mahasiswa Mahal

Nasional | 1 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo