TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bupati Mamberamo Ricky Ham Pagawak Ditangkap Di Sebuah Rumah Di Abepura

Laporan: AY
Minggu, 19 Februari 2023 | 19:04 WIB
Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak ditangkap KPK terkait pencucian uang
Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak ditangkap KPK terkait pencucian uang

PAPUA - Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak yang jadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya ditangkap hari ini.
Tersangka kasus dugaan suap dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) itu ditangkap di Abepura, Jayapura, Papua.
"Informasi yang kami peroleh, tersangka KPK tersebut ditangkap di Abepura," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Minggu (19/2).

Saat ini, kata Ali, Ricky Ham Pagawak diamankan di Mako Brimob Papua. Rencananya, besok dia baru akan dibawa ke Jakarta.
Sumber RM.id menyebut, Ricky Ham Pagawak ditangkap di sebuah rumah yang digunakannya untuk bersembunyi. Dia baru beberapa hari berada di Abepura, setelah sebelumnya melarikan diri ke Papua Nugini. 
Ricky terjerat kasus korupsi sejumlah proyek pembangunan di Kabupaten Mamberamo Tengah tahun 2013-2019. Ia diduga menerima suap sebanyak Rp 24,5 miliar terkait sejumlah proyek pembangunan tersebut. Dia juga dijerat dalam kasus TPPU. 

Sebelumnya, KPK melakukan upaya jemput paksa terhadap Ricky. Namun dia kabur. Upaya jemput paksa ini dilakukan lantaran tersangka kasus dugaan suap serta gratifikasi itu sudah dua kali mangkir dari panggilan penyidik komisi antirasuah.

Terakhir, dia dipanggil Kamis 14 Juli 2022. KPK pun resmi memasukkan nama Ricky Ham Pagawak dalam daftar pencarian orang (DPO) pada Senin, 18 Juli 2022.
Ricky diduga melarikan diri ke negara tetangga Papua Nugini. Untuk mengungkap keberadaan Ricky, tim penyidik komisi antirasuah telah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan kepada berbagai pihak.

Sebelumnya, Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani mengungkapkan, dari laporan yang diterima, Ricky diduga melarikan diri dari Papua melewati jalur ilegal untuk sampai ke negara tetangga tersebut.
"Ricky Ham Pagawak diantar pada Kamis pagi melalui Pasar Skow, hendak melintas ke Papua Nugini," kata Faizal, Jumat, 15 Juli 2022 malam.

Ricky disebut pergi ke perbatasan RI-PNG dengan membawa dua tas ransel.
"Belum diketahui apa isi tas ransel tersebut," imbuhnya.

Faisal menyatakan, saat ini masih menyelidiki siapa saja yang terlibat dalam pelarian Ricky tersebut. Jaringan Polda Papua sudah disebar. Dia memastikan, Polda Papua bakal membantu KPK dalam pencarian Ricky.
"Kami, Polda Papua, membantu mendampingi penyidik KPK melakukan pencarian Ricky Ham Pagawak," terangnya. rm.id

Komentar:
Eka hospital
Jadwal Puasa
Rspb
RsPB
Loker
ePaper Edisi 28 Maret 2024
Berita Populer
02
PKS Jagokan Kader Di Pilkada Tangsel

TangselCity | 2 hari yang lalu

06
Prakiraan Cuaca Tangerang Rabu 27 Maret 2024

Pos Tangerang | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo