TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Forum Sembilan Bintang Beri Pengobatan Gratis Masyarakat

Laporan: Sudin Antoro
Senin, 20 Februari 2023 | 07:00 WIB
Forum Sembilan Bintang bersama Masjid Jami Al Ishlah menggelar pengobatan gratis, Minggu (19/02).
Forum Sembilan Bintang bersama Masjid Jami Al Ishlah menggelar pengobatan gratis, Minggu (19/02).

PAMULANG -Forum Sembilan Bintang (FSB) bekerjasama dengan Masjid Jami Al Ishlah, Pamulang Barat menggelar pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar. Berlangsung pada Minggu (19/02) yang diikuti sedikitnya 100 orang.

Turut hadir Kepala Dinas Sosial Kota Tangsel Apendi didampingi Staf Ahli Walikota Tangsel Heli Slamet dan jajaran kecamatan Pamulang Kasi Pemerintahan, Yanto dan  Kasi Ekbang Kecamatan Pamulang Noor Rizal. Apendi dalam kesempatan itu menyampaikan apa yang dilakukan FSB sangat baik dalam mewujudkan masyarakat sehat.

Tentu gerakan-gerakan semacam ini di tengah masyarakat harus didukung sepenuhnya. Karena ini sangat membantu sekali pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat di Kota Tangsel.

“Kami mendukung program ini karena kita harus sehat. Salah satunya  yang dilakukan Ustad Yanto dengan memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi lansia. Pemerintah juga terus berupaya dan kita sudah punya rumah sakit, puskesmas. Tujuannya Tangsel semua sehat,” ujarnya.

Lanjut pejabat yang sebentar lagi purna melanjutkan, dalam menuju sejahtera ada tiga hal, pertama memiliki ilmu, kedua sehat dan ketiga ada untuk makan esok hari. Itulah yang dinamakan sejahtera. Tak perlu memikirkan yang lain. Cukup tiga saja.

“Mari kita doakan semua masyarakat Kota Tangsel sehat selalu,” tambah Apendi. 

Ketua FSB, M Yanto Amin, sekaligus sekretaris Masjid Jami Al  Ishlah  menyampaikan  bakti sosial pengobatan khusus bagi lansia diikuti 100 orang. Mereka berasal dari warga sekitar dan jamaah masjid. Memeriksakan berbagai keluhan seperti darah tinggi, vertigo dan penyakit ringan lainnya.

“Kami mengadakan bakti sosial dari Forum Sembilan Bintang bekerjasama dengan Masjid Jami Al Ishlah. Tujuannya adalah pertama bagaimana lingkungan masjid serta jamaah hidup sehat. Karena sehat sangat penting. Sering melihat banyak ibu-ibu kerap mengeluh, kaki dan tangan sakit. Saya melihat tidak tega. Maka kami melakukan tindakan dengan mengadakan bakti sosial untuk kesehatan umum di lingkungan masjid,” ujar ia yang juga Sekretaris Ranting NU Kelurahan Pamulang Barat.   

Dengan niatan yang tulus, dan membantu masyarakat yang kerap mengeluh sakit, akhirnya gayung bersambut. FSB memiliki tim medis sehingga dapat melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat sekitar. Semoga kegiatan ini mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, dan memberikan banyak manfaat terutama warga yang telah memeriksakan kesehatannya, senantiasa diberikan kekuatan secara jasmani dan rohaninya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.  

“Alhamdulillah pada Forum Sembilan Bintang ada tim medis, dr Heru Gumay yang berlokasi di Ruko 8 Jalan Setiabudi Pamulang bekerjasama dengan kami tentunya senang sekali. Mudah-mudahan apa yang dilakukan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Tujuan kami untuk menyehatkan masyarakat sekitar dan warga Pamulang Barat,” tambah ia.

Dr Heru Gumay  menyampaikan pentingnya memberikan edukasi bagi masyarakat sekaligus pelayanan kesehatan gratis, yang mana dalam kesempatan ini bagi lansia, bahwa kesehatan itu jauh lebih penting dari apapun. Nyatanya di tengah masyarakat kesehatan di nomor duakan, hal itu terlihat dari kurangnya kepedulian menjaga kesehatan seperti pola hidup, asupan makanan dengan mengkonsumsi sembarangan. Dengan dilakukan pengobatan gratis ini bagi lansia ini dengan tujuan peningkatan kesehatan.

“Sasaran kita adalah meningkatkan kualitas kesehatan  penduduk sekitar. Apabila ibu-ibu ini sehat semua, maka di keluarga juga sehat. Niatan ini akan berkesinambungan. Bahwa sehat itu jadi nomor dua di tengah masyarakat. Mereka belum banyak yang sadar kesehatan itu penting. Makan tidak teratur, serta pola hidup hingga juga demikian. Maka kami berikan edukasi yang sifatnya promotif dan preventif. Dan bertepatan  hari ini adalah rehabilitatif dan kuratif atau pengobatan. Tentu lebih baik mencegah daripada mengobati,” bebernya. 

Warga antusias mengikuti pengobatan gratis ini dengan mengantri untuk menunggu giliran, mulai pengecekan tensi hingga tahap berikutnya. Oleh dokter diberikan saran-saran supaya pola makan dan pola hidup dijaga. Sampai mereka mendapatkan obat-obatan

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo