TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Piala Asia U-20, STY: Jangan Takut Lawan Tim Kuat

Laporan: AY
Minggu, 26 Februari 2023 | 11:06 WIB
Pasukan STY U-20. (Ist)
Pasukan STY U-20. (Ist)

JAKARTA - Dua hari lalu, Timnas Indonesia U-20 sudah bertolak ke Uzbekistan untuk mengikuti Piala Asia 2023 yang digelar dari 1-18 Maret 2023. Timnas Indonesia yang tergabung di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak dan Suriah itu, telah menjalani pemusatan latihan (TC) selama sebulan terakhir.

Tim asuhan Shin Tae-yong itu bahkan sempat menggelar turnamen mini internasional dengan mengundang Timnas Fiji, Guatemala dan Selandia Baru. Meskipun hanya meraih kemenangan sekali atas Fiji dengan skor 4-0, Timnas Indonesia U-20 menunjukkan performa apik saat menghadapi Guatemala dan Selandia Baru.

Garuda Nusantara-- julukan Timnas Indonesia U-20--hanya kalah tipis dari Selandia Baru (1-2) dan Guatemala (0-1). Rentetan hasil ini jelas jadi pelajaran berharga bagi Timnas jelang tampil di Piala Asia U-20 2023.

Apalagi di ajang ini PSSI mematok target mencapai semifinal. Sebagai catatan, ajang ini merupakan babak kualifikasi untuk Piala Dunia U-20 2023. Mereka yang berhasil mencapai semifinal akan meraih tiket lolos ke Piala Dunia U-20 2023.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong meminta pemainnya tidak takut menghadapi tim kuat.

“Saya sudah sering bicara kepada pemain, jika kita bertemu lawan lebih kuat, kita pasti menyerah lebih dulu sebelum bertanding,” kata Shin Taeyong.

“Kita tidak boleh punya mental seperti itu. Harusnya kita berpikir kita bisa menang dengan lebih banyak berlari daripada lawan,” ujarnya.

Apapun hasil diraih Timnas U-20 nanti sebenarnya tidak berarti apa-apa. Kecuali peserta lainnya yang akan memperebutkan posisi empat besar alias menjadi semifinalis untuk mendapatkan empat tiket ke Piala Dunia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 sendiri sudah dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 karena berstatus sebagai tuan rumah. Tapi, Shin Tae-yong meminta pemainnya untuk melupakan Piala Dunia U-20 dulu, Piala Asia U-20 disebut sama pentingnya.

“Bulan Mei nanti kita akan ikut Piala Dunia U-20, tetapi jangan menganggap kita sudah lolos. Jadi lebih baik anggap saja kita belum lolos dan dapat tiket ke Piala Dunia. Jadi anggap kita baru mulai dari Piala Asia U-20 ini,” kata Shin Tae-yong.

“Meski tidak bisa full skuad pada ajang ini kami harus optimistis. Tentu saya ingin melihat sejauh mana perkembangan pemain dan mereka sanggup bersaing di turnamen ini. Tentu doa dan dukungan masyarakat Indonesia kami butuhkan agar kami dapat meraih hasil terbaik di Piala Asia U-20,” tutur pelatih asal Korea itu.

Kendati memiliki keoptimisan timnya mampu melangkah jauh di Piala Asia nanti, Shin Taeyong menyesalkan pemainnya yang masih kerap melakukan kesalahan mengoper bola.

“Seperti apa yang kita lihat di beberapa laga uji coba kemarin. Secara keseluruhan permainan baik, tapi kita sering melakukan salah memgoper bola. Dan ini sama saja meruntuhkan diri kita sendiri,” tuturnya.

Tidak hanya itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut menyoroti kekurangan lainnya yang masih saja terjadi, yakni tidak ada komunikasi antar pemain dalam pertandingan. Namun, Shin meyakini jika kekurangan-kekurangan tersebut dapat diperbaiki, ia optimis Timnas U20 dapat tampil lebih baik lagi.

“Apalagi dari pemain kita tidak ada komunikasi itu yang sampai saat ini tidak bisa diperbaiki,” terang Shin Tae-yong.

“Saya juga sangat bingung kenapa masalah komunikasi ini tidak bisa diperbaiki. Kalau bisa memperbaiki komunikasi ini saja pasti benar-benar akan berkembang lebih jauh lagi dari sekarang,” pungkasnya. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo