TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Si Jago Merah Amuk 2 Ruko, 3 Petugas Damkar Luka-luka

Oleh: Idral Mahdi
Selasa, 14 Maret 2023 | 07:00 WIB
Cuplikan video detik-detik petugas pemadam kebakaran terjatuh saat memadamkan api di ruko yang terbakar.
Cuplikan video detik-detik petugas pemadam kebakaran terjatuh saat memadamkan api di ruko yang terbakar.

CIPUTAT-Tiga orang petugas pemadam kebakaran yang tengah melakukan pemadaman di sebuah ruko, di Kelurahan Sawah Lama, Kecamatan Ciputat, Senin (13/3), terjatuh dari atas kanopi.

Peristiwa itu terekam kamera warga yang menyaksikan kebakran tersebut. Telihat tiga orang petugas tengah melakukan pemadaman ruko. Namun tidak lama kemudian kanopi yang menjadi pijakan ambruk, dan para petugas terjatuh.

Para petugas itu pun langsung dievakuasi oleh petugas lainnya guna mendapatkan perawatan medis. Akibat insiden tersebut para petugas itu mengalami luka-luka di bagian kaki. 

Api yang masih berkobar terus dijinakan oleh petugas lainnya, sementara para petugas yang terjatuh itu langsung dirawat.

"Syukurnya mereka langsung ditangani dan pulih kembali, hanya luka di kaki,” kata Komandan Regu Pemadam Kebakaran Tangsel, Widada AP.

Kobaran api di ruko tersebut baru diketahui sekira pukul 12.30 WIB. Api terus membesar hingga sulit dipadamkan lantaran bahan di dalam ruko mudah terbakar. Tak hanya ruko elektronik, sebuah bengkel motor di sebelahnya ikut terdampak. 

Sumber api diduga berasal dari korsleting listrik di lantai 2 ruko. Api cepat membesar karena material di sana mudah terbakar. Guna memadamkan api, petugas menjebol bagian atas ruko bengkel untuk masuk ke ruko elektronik. 

"Dari korsleting listrik di lantai 2. Tadi di atas (bengkel) kita jebol buat akses masuk," kata Komandan Peleton (Danton) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Tangsel, Nurudin.

Nurudin melanjutkan, proses pemadaman api juga terkendala oleh pengambilan air yang sulit. Meski begitu, kobaran si jago merah bisa dijinakkan setelah 4 jam petugas berjibaku dengan menerjunkan 15 mobil pemadam.

"Kendala lain, hanya air yang sulit didapat," ucapnya.

Ruko elektronik itu berada berdampingan dengan bengkel motor dan tembok batas SDN 02 Sawah Ciputat. Saat kejadian, pekerja ruko di sekitar panik dan langsung mengevakuasi sejumlah barang. 

"Kerugian diprediksi mencapai Rp 1 miliar, tidak ada korban jiwa, hanya petugas kami yang mengalami luka akibat terjauh saat memadamkan api," pungkasnya. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo