TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jumlah Pemudik 2023 Melonjak Hingga 123 Juta, Jokowi Minta Kepala Daerah Ekstra Hati-hati

Menhub dan Kapolri Sudah Diingatkan

Laporan: AY
Senin, 10 April 2023 | 22:41 WIB
Presiden Jokowi (tengah) didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) di Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4).    foto : Setpres
Presiden Jokowi (tengah) didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) di Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4). foto : Setpres

JAWA TENGAH - Presiden Jokowi mewanti-wanti jajarannya, untuk ekstra hati-hati di musim mudik Lebaran 2023. Karena jumlah pemudik di tahun ini, diprediksi mengalami peningkatan yang luar biasa, dari 86 juta ke 123 juta. 
“Hati-hati. Angka ini hati-hati. Saya sudah mengingatkan Menteri Perhubungan, Kapolri, dan Menteri BUMN untuk moda transportasi laut. Para gubernur, bupati, dan wali kota harus betul-betul menyiapkan diri. Karena jumlah pemudik tahun ini melompat ke angka 123 juta,” papar Jokowi dalam keterangan pers saat mengunjungi Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4).
Jokowi memastikan, pemerintah akan membuka seluruh ruas jalan tol, yang konstruksinya sudah selesai. Demi mengurangi kemacetan. “Setelah Lebaran, baru dicek lagi dan dioperasionalkan,” ucapnya.

Terkait hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memastikan kesiapan infrastruktur seluruh jalan tol yang sudah operasional sepanjang 2.624 km, dan jaringan jalan nasional sepanjang 47.602 km dengan tingkat kemantapan 91,8 persen.

BACA JUGA

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya akan memfungsikan sementara 6 ruas jalan tol baru di Pulau Jawa sepanjang 87 km. Antara lain Tol Cisumdawu Seksi 1,2, dan 3 yang telah beroperasi normal dengan lebar 4 lajur. Seksi 4,5, dan 6 baru akan dibuka secara fungsional.

Selain itu, 4 ruas tol di Pulau Sumatera juga akan difungsionalkan. 

“Tol Cisumdawu akan mempersingkat waktu tempuh dari Cileunyi sampai Dawuan. Sehingga, orang dari Bandung yang mau ke Semarang, tidak perlu ke Cikampek. Bisa langsung lewat Dawuan. Pemudik dari Selatan yang mau ke Utara Jawa Barat, juga tidak perlu lewat Cikampek. Ini sangat membantu mengurai kemacetan,” jelas Menteri Basuki dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral terkait Idul Fitri 1444 H di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (6/4).
Saat ini, tengah dilakukan penanganan pada titik longsor di Seksi 5 Tol Cisumdawu, sehingga akan dibuka 2 lajur dan diberlakukan pengaturan lalu lintas oleh Korlantas Polri. Penanganan longsor ditargetkan selesai pada 15 April 2023.

Berikut daftar ruas jalan tol baru yang akan difungsionalkan mendukung mudik Lebaran:

Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 dan ruas Cimalaka–Dawuan sepanjang 28,2 km.

Jalan Tol Ciawi–Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 km)

Tol Solo–Yogyakarta–NYIA Kulon Progo untuk sebagian seksi 1.1 sepanjang 6,1 km

Ruas Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 dari Simpang Susun (SS) Sadang – SS Kutanegara (28,7 km)

Tol Cimanggis–Cibitung Seksi 2A Jatikarya–Cikeas (3,5 km)

Tol Pasuruan–Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur–IC Gending (8,6 km)

Sumatera

Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi Segmen Tebing Tinggi–SS Inderapura (28,5 km) dan Segmen Dolok Merawan–Sinaksak (15,6 km)

Tol Sigli–Banda Aceh Seksi 5–6 Blang Bintang–Baitussalam (12,7 km)

Tol Binjai–Langsa Seksi 2 Stabat–Jalan Proklamasi (7,2 km)

Simpang Indralaya–Muara Enim, Seksi Simpang Indralaya–Prabumulih (63,5 km).rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo