TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

150 Bus AKAP Telah di Ramp Check Dishub

Laporan: Redaksi
Sabtu, 15 April 2023 | 07:16 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

TANGERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) terus menggencarkan ramp check pada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) jelang masa Mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. Pasalnya, kendaraan tersebut yang akan mengangkut ribuan penumpang mudik dari Kota Tangerang ke berbagai daerah Indonesia.

Kepala Dishub Kota Tangerang, Achmad Suhaely mengungkapkan, hingga saat ini aktivitas ramp check sudah berlangsung sekitar 11 hari dan petugas telah melakukan pemeriksaan kelaikan kepada 150 unit bus AKAP di Terminal Poris Plawad. Hasilnya, lima diantaranya bus dinyatakan tidak laik berangkat.

“Dalam hal itu, petugas Dishub telah meminta petugas bus tersebut untuk melaksanakan perbaikan pada onderdil yang perlu diperbaiki. Sekarang pun, lima bus telah di ramp check ulang dan telah dinyatakan laik jalan. Jika bus ditemukan kejanggalan atau ketidak maksimalan mesin pada tujuh hari terakhir, tidak akan diberi waktu perbaikan dan bus akan dinyatakan secara resmi tidak boleh jalan atau dilarang beroperasi,” tegas Suhaely, Kamis (13/4).

Ia pun menyatakan, dalam ramp check petugas memeriksa komponen kendaraan. Mulai dari kelaikan ban, wiper, lampu, rem, alat pemukul kaca, tekanan angin pada ban hingga surat-surat mobil dan sopir bus itu sendiri.

“Ramp check dinilai penting dilakukan demi memastikan kesiapan bus yang akan digunakan untuk perjalanan mudik lebaran dan menjaga keselamatan penumpang juga pengemudi. Serta keamanan dan kenyamanan penumpang dan pengemudi,” katanya.

Dengan ihal tersebut, Suhaely pun mengimbau masyarakat Kota Tangerang yang ingin mudik ke kampung halaman dengan transportasi bus untuk memanfaatkan layanan di terminal Poris Plawad sebagai terminal resmi, bukan malah memilih terminal bayangan. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo