TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Katering Jemaah Haji 30 Persen Produk Indonesia

Laporan: AY
Rabu, 19 April 2023 | 10:35 WIB
Penandatanganan kerja sama layanan katering jemaah haji di KUH, Jeddah, Arab Saudi.    Foto : Ist
Penandatanganan kerja sama layanan katering jemaah haji di KUH, Jeddah, Arab Saudi. Foto : Ist

ARAB SAUDI - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief memastikan, 30 persen dari komponen katering  akan menggunakan produk makanan Indonesia dalam penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M.

Hal itu disampaikan Hilman usai menandatangani kontrak kerja sama antara Direktorat Jenderal (Ditjen) PHU Kemenag dengan para penyedia layanan katering untuk jemaah haji Indonesia, di Kantor Urusan Haji, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Arab Saudi, Senin (17/4).

Hadir menyaksikan, Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim, Inspektur Wilayah IV yang juga Plt. Sekretaris Itjen Kastolan, Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab, serta Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam dan Pelaksana Staf Teknis Haji 1 yang juga merangkap sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Agus Mi'raji

Kita cantumkan dalam kontrak kerja sama bahwa 30 persen dari komponen katering harus berupa produk Indonesia,” terang Hilman usai penandatanganan kontrak di Jeddah.

Katering menjadi salah satu layanan yang disiapkan Kementerian Agama bagi jemaah haji Indonesia. Jutaan box makanan akan disiapkan untuk jemaah saat berada di Madinah, Makkah, Masyair (Arafah, Muzdalifah, Mina) dan juga Bandara.

Tahun ini, layanan katering akan disiapkan sekitar 76 dapur. Sebanyak 53 dapur akan melayani katering bagi jemaah selama di Makkah, 21 dapur di Madinah, dan dua dapur memberikan layanan katering untuk jemaah saat di Bandara Saudi.

Agar perusahaan katering bersemangat, menurut Hilman, nanti keementerian akan memberikan penghargaan bagi perusahaan katering yang menggunakan produk-produk Indonesia lebih banyak dari yang lain.

Bersamaan penandatanganan kontrak kerja sama, Kementerian Agama juga mempertemukan para importir bahan makanan Indonesia dengan penyedia layanan katering jemaah di Arab Saudi. Hal ini dilakukan agar para pihak bisa langsung saling berkomunikasi dan berkolaborasi.

Kuota jemaah haji tahun ini kembali normal. Sehingga, setiap dapur harus melakukan langkah strategis dan antisipatif agar dapat memberikan layanan terbaik kepada jemaah.

Tahun ini, kali pertama akan ada dua petugas haji yang bertugas mengawasi dapur katering, mulai dari proses penyiapan, distribusi, dan kelayakan. Ini belum ada di tahun sebelumnya dan dilakukan untuk memastikan layanan katering berjalan dengan baik,” pungkasnya. ( RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo