TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gandeng Forum Wartawan BUMN

Menteri Erick Fasilitasi 30 Jurnalis Mudik Gratis Dengan Kereta Wisata

Laporan: AY
Jumat, 21 April 2023 | 11:42 WIB
Rombongan wartawan BUMN.  Foto : Ist
Rombongan wartawan BUMN. Foto : Ist

JAKARTA - Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) melalui Forum Wartawan (FW) BUMN telah memfasilitasi 30 wartawan, dari berbagai media nasional untuk mudik ke kampung halaman menggunakan Kereta Api (KA) Wisata, yang dikelola anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Salah satu peserta mudik tersebut, Roni Rudiyanto dari Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group) mengaku, sangat bersyukur mendapatkan kuota untuk mudik bareng yang digelar pada Kamis (20/4) pagi.

"Mudik Lebaran tahun ini, saya sangat bersyukur sekali bisa ikut mudik gratis bersama 29 teman wartawan lainnya. Ini pengalaman saya pertama naik kereta wisata, tipenya Priority lagi. Biasanya, mudik naik bis," tuturnya, saat dalam perjalanan.

KA Wisata yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Jakarta, pada Kamis (20/4) pukul 06.15 WIB, melintasi beberapa titik di antaranya Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, Jombang, hingga tujuan akhir Surabaya yang tiba pada pukul 18.55 WIB. 

"Saya sendiri turun di Yogyakarta, terus nyambung sedikit dengan bis sekitar 30 menit lagi untuk sampai ke rumah," tuturnya.

Menurutnya, para peserta mudik bisa menikmati fasilitas kereta mulai dari layanan multimedia hingga mini bar. 

"Nggak kebayang, akhirnya saya bisa mencicipi naik kereta wisata yang biasa dinaiki para kalangan artis, pejabat, maupun pengusaha," akunya sambil tersenyum.

Ia menuturkan, saat tiba di Stasiun Gambir, para peserta melakukan registrasi ulang, lalu menunggu di ruang VIP sampai waktu kereta tiba.

Saat memasuki KA Wisata Priority, para pramugari dan pramugara KA menyambut hangat para peserta. 

"Selama perjalanan, benar-benar nyaman, pelayanan bagus banget, mbak pramugari sama mas pramugaranya ramah dan sopan. Kursinya empuk dan lebar bisa direbahkan hingga 170 derajat, juga ada audio video on demand, dengan LCD layar sentuh," ungkapnya.

Di samping itu, toilet kering KA Wisata Priority ini juga memiliki desain yang mewah dan bersih.

Sayangnya, ia tak sempat menikmati sajian di dalam mini bar karena masih berpuasa.

Di dalam kereta ada prasmanan, kebetulan saya puasa, tapi ada juga yang nggak puasa bisa menikmati sajiannya," katanya. 

Tanpa terasa, kereta akhirnya tiba di Stasiun Yogyakarta tepat pukul 14.00 WIB. Ia berharap, program mudik gratis dengan kereta api bisa kembali digelar di tahun depan.

Karena, program ini sangat membatu bagi teman-temasn wartawan yang belum dapat tiket," ucapnya.

Ia pun sangat berterima kasih kepada Menteri BUMN Erick Tohir yang telah memfasilitasi program mudik ini.

"Terima kasih juga buat teman-teman FWBUMN yang sudah mengurus semua persiapannya," sambungnya.

Terpisah, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menerangkan, pihaknya bersama perusahaan pelat merah, menjadi salah satu pelopor program mudik gratis. 

Karenanya, pada program Mudik Gratis bertajuk 'Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022', menyediakan kuota lebih dari 65 ribu.

Begitu juga, FWBUMN sebagai mitra Kementerian BUMN, turut mengadakan program mudik gratis, yang dikhususkan untuk para jurnalis.

"Program mudik gratis ini arahan dari Menteri BUMN untuk memfasilitasi teman-teman wartawan bisa mudik dengan nyaman," katanya, di Jakarta, Kamis (20/4).

kesempatan yang sama, Ketua FWBUMN Ricky Anwardi menjelaskan, program FWBUMN Mudik Gratis ini diikuti 30 jurnalis yang telah memenuhi persyaratan.

Yakni, merupakan jurnalis aktif dengan menyertakan Kartu Pers, mengirimkan KTP dan menyertakan bukti vaksin booster. 

Mengingat, vaksin booster saat ini masih menjadi syarat wajib dalam menggunakan moda transportasi kereta api.

"Kegiatan ini, kita adakan hanya untuk memfasilitasi teman-teman media yang ingin mudik, tapi masih belum sempat mencari tiket," katanya.

Adapun, pelaksanaan FWBUMN Mudik Gratis ini juga didukung beberapa BUMN di antaranya PT Kereta Api Indonesia (Persero), Bank BNI, PT PLN, MIND ID, PT Pertamina, Semen Indonesia Group (SIG), Jamkrindo, InJourney, PT Pupuk Indonesia, PT Bio Farma, Krakatau International Port (KIP) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo