TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Menyiapkan Kepemimpinan Pemerintahan

Oleh: Dr. Muhadam Labolo, M.Si
Kamis, 27 April 2023 | 20:24 WIB
Dr. Muhadam Labolo, M.Si.(Dok. Pribadi)
Dr. Muhadam Labolo, M.Si.(Dok. Pribadi)

DUA kandidat terbaik secara resmi diumumkan partai sebagai calon Presiden Indonesia (2024-2029). Publik menunggu sisanya sebagai pelengkap kompetisi. Bisa jadi Anies, Ganjar, Prabowo dan lainnya. Episode terakhir tentu tinggal menanti calon wakil presiden, sekaligus menguntak-atik pasangan agar merepresentasikan kemajemukan identitas, idiologi, maupun kultural.

Menyiapkan pemimpin bukan perkara gampang. Idealnya disiapkan sejak tumbuh hingga berkembang. Di negara monarchi pemimpin cukup ditunggui brojol dari rahim pendahulunya (was born). Legitimasinya bersifat tradisional. Di negara non monarchi pemimpin mesti dikembangkan (was created) melalui mekanisme partai politik. Legitimasinya dapat bersifat rasional maupun kharismatik. 

Logikanya, semakin banyak partai semakin banyak stok kepemimpinan. Oleh sebab kekuasaan termasuk sumber daya langka, maka semakin ke puncak semakin padat kompetisinya. Berebut posisi kepala desa tentu tak seriuh meraih posisi presiden. Jumlah desa lebih banyak sehingga surplus sumber daya dibanding presiden dan wapres yang cuma satu-satunya dan karenanya terbatas.

Untuk menyiapkan pemimpin dalam pemerintahan setidaknya kita perlu menyiapkan sejumlah variabel. Variabel itu antara lain proses yang menjadikan seseorang menjadi pemimpin, kualitas pemimpin itu sendiri berdasarkan pengalaman dan pendidikannya, keberdayaan basis pendukungnya, visi yang diembannya, serta bagaimana visi dimaksud dapat diterjemahkan secara detil menjadi kenyataan (Wiryawan, 1999).

Pertama, proses kepemimpinan perlu disiapkan dari perencanaan yang matang. Dalam situasi normal sebaiknya pemimpin tak muncul ujuk-ujuk, perlu ditumbuhkan dengan baik. Setiap pemimpin melalui proses inkubasi dari partai maupun organisasi masyarakat. Soekarno, Biden, Nelson Mandela, Anwar Ibrahim tak tumbuh begitu saja, mereka lahir dan bahkan bergulat lewat seleksi alam maupun buatan. Seleksi alam lewat dinamika politik dalam masyarakat, seleksi buatan melalui dinamika dalam internal partai.

Untuk sampai ke puncak, proses kepemimpinan juga melalui sistem selection dan election yang difasilitasi negara. Di negara demokrasi, ongkosnya tak murah. Prosedur demokrasi tak jarang lebih mahal dibanding biaya mengejar substansi demokrasi. Di Indonesia, biaya Pemilu 2024 mencapai Rp 76 triliun (KPU, 2023). Hasilnya belum tentu sepadan dilihat dari output demokrasi itu sendiri, seperti kualitas pendidikan, kesehatan, dan pendapatan.

Kedua, kualitas kepemimpinan ditentukan oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dapat dinilai dari pengalaman interaksi sejauh ini. Pengetahuan menyangkut masalah pemerintahan serta bagaimana strategi menuntaskannya. Keterampilan berkaitan dengan keahlian manajerial menata pemerintahan. Sementara sikap berkenaan dengan role model yang tampak dari perilaku sarat nilai. Ketiganya terbangun dari pengalaman di lingkungan pemerintahan.

Ketiga, kemampuan membangun basis dukungan yang cerdas. Pengikut tak hanya dijadikan sumber dukungan lewat bangunan citra positif. Kaum followers, buzzer, dan influenzer mesti diberdayakan agar tak berubah menjadi demagog yang eklusif, fanatis, militan, bebal, dan anti kritik. Loyalitas buta seringkali tak mengokohkan sang pemimpin, tapi merusak citranya di dunia maya. Pengikut diberdayakan bukan hanya agar kreatif, juga agar tetap waras. Kita terus belajar dari transisi rezim ke rezim berikutnya.

Keempat, kemampuan para kandidat presiden membangun visi yang jelas. Dalam arti, ketertinggalan kita akan dituntun ke mana, menipisnya sumber daya ekonomi akibat korupsi sistemik harus dimulai dari mana, lenyapnya kedaulatan politik mesti bagaimana, atau keroposnya nilai integratif harus dirajut seperti apa. Semua penglihatan makro itu harus mampu diurai dengan terang-benderang hingga nyata dalam jangka panjang, menengah dan pendek.

Kelima, kemampuan menerjemahkan visi ke dalam realitas senyatanya. Dalam hal ini pemimpin butuh kaum cerdik pandai dan teknokrat untuk mengolah visi kedalam sistem perencanaan. Tanpa itu, visi hanya janji manis tuna disain pembangunan terencana. Bahkan tanpa kemampuan mencairkan ide besar, mustahil program dan kegiatan dapat dinikmati rakyat. Ini tantangan kepemimpinan pemerintahan pada semua kandidat di hari-hari yang semakin hangat.(*)

*) Penulis adalah analis pada Pusat Kajian Strategis Pemerintahan Jakarta

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo