TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tangsel Masuk Zona Cuaca Panas

Dinkes Imbau Masyarakat Perkuat Imun Tubuh

Laporan: Idral Mahdi
Selasa, 02 Mei 2023 | 07:05 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

CIPUTAT - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan menghadapi cuaca panas ekstrem akhir-akhir ini. Diketahui Kota Tangsel masuk ke dalam wilayah dengan suhu yang panas terik, bahkan Kecamatan Ciputat disebut dengan zona terpanas yang mencapai 37,2 derajat celcius.

Kepala Dinkes Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, masyarakat hendaknya memperkuat imun tubuhnya dalam menghadapi cuaca panas ekstrem saat ini.
 "Agar tubuh tetap sehat dan dapat terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu aktivitas harian," ujarnya.
 Selain itu, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam menghindari dampak dari cuaca panas saat berada di luar ruangan.

Pertama, perbanyak konsumsi air putih guna mencegah dehidrasi. Hindari minuman berkafein, minuman berenergi, alkohol, dan minuman manis.
 "Kedua, hindari kontak langsung dengan sinar matahari, gunakan alat pelindung seperti topi atau payung," ucapnya.
 Allin melanjutkan, masyarakat dapat mengenakan baju dengan bahan yang ringan dan longgar. Hindari penggunaan baju berwarna gelap lantaran dapat menyerap panas.

 Lalu, saat berada di luar ruangan usahakan untuk berteduh sekitar pukul 11.00 hingga 15.00 WIB. "Jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaraan dalam kondisi parkir, baik dengan jendela terbuka maupun tertutup," imbuhnya.
 Untuk memperkuat perlindungan, gunakan sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yang tidak tertutup oleh baju sebelum keluar rumah dan sediakan botol semprot air yang dingin di dalam kendaraan.

 Allin mengimbau agar masyarakat menerapkan perilaku hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi serta istirahat yang cukup.
 "Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin," pungkasnya. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo