TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Survei Kepuasan Jokowi Tembus 78 Persen

Tak Pernah Ada Presiden Yang Dicinta Setinggi Itu

Laporan: AY
Selasa, 02 Mei 2023 | 08:53 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Presiden Jokowi mencatatkan rekor sebagai pemimpin yang dikagumi masyarakat. Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia terbaru, sebanyak 78,5 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi. Sebelumnya, tak pernah ada presiden yang dicintai setinggi itu.

Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan pada 11-17 April 2023. Sampelnya, ada 1.220 orang. Terdiri dari seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih atau sudah berusia di atas 17 tahun. responden dipilih secara acak dan diwawancarai secara tatap muka.

Hasilnya, 78,5 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi. Rinciannya, 15,8 persen menyatakan sangat puas dan 62,7 persen cukup puas. Sedangkan yang menyatakan tidak puas sebanyak 19,2 persen dan sisanya mengaku tidak puas sama sekali atau tidak tahu.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyatakan, tingkat kepuasan terhadap Jokowi kali ini jadi yang tertinggi sepanjang 9 tahun terakhir. Sebelumnya, posisi tertinggi terjadi pada Januari 2022 sebesar 75,3 persen.

“Selama Jokowi menjadi presiden, inilah approval rating tertinggi yang berhasil diraih,” ujar Burhan, dalam rilis survei tersebut, di kanal YouTube Indikator Politik Indonesia, kemarin.

Menurut Burhan, mayoritas responden mengaku puas dengan pembangunan infrastruktur di era Jokowi. Hal itu tak terlepas dari kemampuan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) dalam mengendalikan inflasi.

Alasan lainnya, pemberian bantuan kepada masyarakat kecil. Sumbangan angkanya mencapai 40,7 persen. Tapi, ada juga yang merasa tidak puas, karena bantuan pemerintah tidak merata.

Melihat hasil survei tersebut, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ade Irfan Pulungan sangat bersyukur. Dia menyebut, hasil survei ini menunjukkan, kerja Jokowi selama 10 tahun terakhir tidak sia-sia.

Selama bergabung dengan pemerintahan Jokowi, Ade merasakan betul bagaimana program-program yang dicanangkan membawa Indonesia menuju kearah yang lebih baik. Belum lagi gaya komunikasi Jokowi dengan masyarakat yang membumi, membuat diterima tanpa perbedaan.

“Ini menandakan Pak Jokowi benar-benar jadi presidennya rakyat Indonesia,” ujar Ketua Mahkamah Partai DPP PPP ini, kepada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group), tadi malam.

Bukan hanya diterima masyarakat, lanjut Ade, Jokowi juga pintar menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol pendukung. Baik yang tergabung dalam koalisi pendukung pemerintah ataupun bukan.

Ke depan, hal itu akan terus dilakukan. Sembari menjalankan seluruh program-program yang telah dicanangkan. Sebab, keberhasilannya tentu membutuhkan kerja sama semua sektor. 

“Kami selalu bekerja tidak jumawa. Supaya semua yang menjadi visi dan program Pemerintah dapat berjalan dengan baik, terukur dan terarah agar dapat mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya.

Juru Bicara PSI Ariyo Bimmo juga senang dengan hasil survei ini. Menurut Bimmo, dengan hasil survei ini, PSI semakin semakin yakin untuk terus mendukung Jokowi.

Menurutnya, kinerja Jokowi benar-benar diperhatikan rakyat. Angka 78,5 persen adalah tingkat kepuasan yang tinggi untuk seorang presiden di penghujung kekuasaan. 

“Hasil survei ini kian meneguhkan sikap kami di PSI untuk tegak lurus dengan Pak Jokowi. Termasuk arah Indonesia ke depan," ujarnya, semalam.

Bimmo berharap, siapa pun penerus Jokowi, dapat melanjutkan program-program strategis yang telah dicanangkan agar tidak putus di tengah jalan karena alasan politis. “PSI akan mendukung capres yang memperoleh dukungan Pak Jokowi. PSI juga berharap Pak Jokowi memberikan banyak masukan terhadap penerusnya," tutup Bimmo. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo