TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

PCNU Tangsel Adakan Halal Bihalal

Laporan: Sudin Antoro
Kamis, 04 Mei 2023 | 07:05 WIB
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU)  Tangsel mengadakan Halal Bi Halal. (ist)
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tangsel mengadakan Halal Bi Halal. (ist)

CIPUTAT - Halal Bi Halal di tingkat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU)  Tangsel, diadakan pada Selasa (2/5) malam.  Berlangsung di Graha Aswaja NU Tangsel, Ciputat Kota Tangsel, setelah istighotsah rutin.
Ketua PCNU  Tangsel H Abdullah Mas’ud mengatakan, pihaknya akan segera melaksanakan Halal Bihalal ke semua Majelis Wakil Cabang (MWC) NU dan Ranting NU.’’Malam ini mengadakan Halal Bihalal di tingkat PCNU. Alhamdulillah lengkap, jajaran syuriyah dan tanfidziyah banyak yang hadir. Juga pengurus lembaga dan badan otonom,’’ ujar pria asal Gresik.
Untuk tempat Halal Bihalal saat keliling, terutama di level ranting, adalah di masjid atau kelurahan. ’’Sekalian biar lebih banyak yang tahu tentang NU. Lebih dari itu, membumikan NU di level bawah,’’ tegasnya.

Sedangkan Wakil Rais Syuriyah PCNU Tangsel KH Tafsir Munir dalam tausiyahnya menjelaskan, Halal Bihalal tidak sekadar silaturahim. Tapi saling memaafkan untuk seterusnya. “Halal dengan cara yang halal. Melakukan sesuatu kebaikan dengan cara baik,’’ katanya.
Tradisi Halal Bihalal, lanjutnya, hanya ada di Indonesia. Terutama digelar setelah Ramadan. Tepatnya pada Lebaran. ’’Hendaknya kita rawat tradisi ini,’’ pesannya.
Adapun narasi minal ‘aidin wal faizin yang sering diucapkan saat Idul Fitri, lanjutnya, ashabul wurudnya adalah ketika Perang Badar. Saat melepas pasukan, disampaikan kalimat tersebut dengan harapan, semoga kembali dan dapat kemenangan. Pada perkembangannya kemudian itu diucapkan saat Idul Fitri.

’’Dalam Islam, setelah puasa Ramadan sebulan, lalu momentum Lebaran layak disematkan kepada mereka meraih kemenangan dan kembali ke fitri,’’ imbuhnya di depan puluhan Nahdliyin yang hadir. Setelah tausiyah dilanjutkan salaman dan makan bersama.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo