TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tuan Rumah OASE PTK II

Laporan: Sudin Antoro
Jumat, 05 Mei 2023 | 07:00 WIB
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tengah mempersiapkan gelaran Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan (OASE PTK) II se Indonesia. (din)
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tengah mempersiapkan gelaran Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan (OASE PTK) II se Indonesia. (din)

CIPUTAT TIMUR -UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tengah mempersiapkan agenda  Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan (OASE PTK) II se Indonesia. Penyempurnaan draf petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) yang akan dijadikan panduan bagi para peserta berlomba.
Ketua Bidang Perlombaan Husni Teja Sukmana di kantor Sekretariat Panitia OASE PTK II di Gedung Kemahasiswaan, Rabu (3/5) menyampaikan,
“Juklak-Juknis lomba akan kita selesaikan segera, karena sudah harus dikirim ke setiap calon kontingen,” kata  Husni. Husni juga  Dekan Fakultas Sains dan Teknologi menjelaskan, secara substantif draf juklak-juknis  disiapkan panitia sudah tidak masalah. Hanya saja masih ada beberapa hal teknis yang masih harus disempurnakan. Perumusan draf juklak-juknis lomba, melibatkan banyak ahli. 

“Mereka adalah para dosen yang berasal dari berbagai fakultas dan jurusan di UIN Jakarta. Bahkan, di antara tim penyusun juklak-juknis lomba, panitia juga melibatkan beberapa dosen dari luar kampus UIN Jakarta,” tabah ia. Dirinya menargetkan draf ranoung secepatnya. 
“Target kami draf juklak-juknis ini harus selesai besok (Kamis, 4/5/2023). Setelah itu kami publikasikan di laman website OASE PTKI II 2023 untuk diakses para calon kontingen,” katanya.
Pelaksanaan OASE PTKI II baik secara konsep maupun teknis harus dijelaskan secara lebih rinci dan detail. Hal itu mengingat bahwa pelaksanaan OASE PTKI II tahun ini juga digelar secara hybrid (daring dan luring), yakni daring untuk babak penyisihan dan luring babak final.

“Oleh karena itu, sebelum juklak-juknis disosialisasikan kepada para calon kontingen, konsepnya harus sudah matang,” jelasnya.
Juklak-juknis OASE PTKI II,  berisi selain jenis-jenis mata lomba apa saja yang akan dikompetisikan juga mengatur mekanisme pelaksanaannya. Demikian juga diatur mengenai syarat-syarat calon peserta serta ketentuan lainnya.

Juklak-juknis dapat menjadi panduan dan pedoman bagi para calon kontingen untuk dapat mengikuti kegiatan OASE PTKI II.
Bahwa UIN Jakarta tahun ini ditetapkan Kementerian Agama menjadi tuan rumah penyelenggaraan OASE PTKI II. Perhelatan nasional bertajuk “Generasi Inovatif dan Moderat Bergerak Bersama Mewujudkan SDGs” itu dilaksanakan secara daring dan luring.Perlombaan secara daring akan berlangsung pada 22-26 Mei 2023, sedangkan luring digelar pada 14-17 Juni di kampus UIN Jakarta.
OASE PTKI II di UIN Jakarta memperlombakan sedikitnya 25 jenis lomba dalam bidang agama, sains dan riset. Lomba akan diikuti oleh para mahasiswa dari PTKI baik negeri maupun swasta di Indonesia.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo