TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sambut Presiden Iran, Jokowi Gelar Jamuan Makan Siang Di Istana Bogor

Laporan: AY
Selasa, 23 Mei 2023 | 14:13 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

BOGOR - Presiden Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Republik Islam Iran, Seyyed Ebrahim Raisi, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/5).

Kedatangan Presiden Ebrahim Raisi beserta delegasi tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.30 WIB. Ia disambut Pasukan Nusantara, Pasukan Berkuda, dan Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Kemudian, Presiden Jokowi keluar dari Istana menyambut langsung presiden Iran, Lalu dilanjutkan dengan upacara penyambutan menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara. 

Setelah meriam ditembakkan sebanyak 21 kali, kedua pemimpin melakukan inspeksi pasukan kehormatan lalu saling memperkenalkan delegasi yang turut hadir dari 2 negara.

Delegasi Indonesia yang hadir antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono, Duta Besar Indonesia untuk Iran Ronny Prasetyo Yuliantoro, dan Plh. Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Jatmiko Heru Prasetyo.

Setelah saling memperkenalkan delegasi, Presiden Jokowi dan Presiden Ebrahim Raisi berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai, Istana Bogor. Kemudian, mereka berbincang sejenak di beranda sebelum melakukan penanaman pohon kayu ulin bersama.

Selanjutnya, Kepala Negara dan Presiden Ebrahim Raisi kembali ke dalam Istana untuk menggelar pertemuan bilateral dengan delegasi dari masing-masing negara. Setelah pertemuan bilateral, kedua pemimpin mengadakan pernyataan pers bersama.

Rangkaian kunjungan kenegaraan Presiden Ebrahim Raisi di Indonesia akan ditutup dengan jamuan makan siang. Ini merupakan kunjungan pertama Presiden Raisi ke Indonesia sejak dilantik sebagai Presiden Republik Islam Iran pada tahun 2021.

Kunjungan ini berlangsung selama dua hari, tanggal 23-24 Mei, dan dilakukan atas undangan resmi dari Presiden Indonesia Joko Widodo. Selama kunjungan ini, Presiden Raisi akan bertemu dengan ketua DPR dan ketua MPR, serta melakukan pertemuan dengan cendekiawan, pemikir, dosen, mahasiswa, dan pelaku usaha di Indonesia. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo