TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pertunjukan Memukau Drama Musikal "Timun Mas" Siswa Binus School Serpong, Angkat Pesan Sosial dan Lingkungan

Laporan: Redaksi
Jumat, 26 Mei 2023 | 20:33 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Pertunjukan drama musikal tentang cerita rakyat "Timun Mas" yang dikemas dengan konsep lebih menarik dan kekinian, berhasil diperankan oleh siswa Binus School Serpong dengan sangat memukau, Jumat (26/5/2023). 

Kisah cerita rakyat yang dipercaya berasal dari Jawa Tengah, menceritakan tentang seorang wanita bernama Timun Mas dan raksasa dengan sebutan Buto Ijo ini, melibatkan lebih dari 100 siswa Binus School Serpong yang juga didukung oleh guru, staf, dan juga orang tua siswa. 

Pertunjukan tersebut merupakan cara Binus School Serpong sebagai sekolah yang berbasis kurikulum internasional Cambridge untuk terus mengajak setiap siswanya menjelajahi horizon-horizon baru, serta tetap mempertahankan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.

Presiden Binus School Education, Michael Wijaya Hadipoespito mengatakan, pertunjukan Timun Mas yang dikemas dengan realitas masa kini ini menjadi wadah bagi siswa dan siswi untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki terhadap horizon-horizon baru di Binus School Education. 

“Isu sosial dan lingkungan yang diangkat pada pertunjukan ini juga masih sejalan dengan program Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadi salah satu perhatian Binus School Education, sesuai dengan visinya, membina dan memberdayakan masyarakat untuk membangun bangsa,” jelas Michael.

Lebih lanjut, Ketua Komite Produksi Timun Mas yang merupakan siswi kelas 11 Binus School Serpong, Nicole Vashti menjelaskan, cerita Timun Mas kali ini diadaptasi ulang dengan mengangkat isu-isu sosial maupun lingkungan yang saat ini tengah menjadi sorotan. 

“Cerita Timun Mas kami buat menjadi lebih modern dengan memasukan unsur-unsur masa kini, kami juga memasukan isu seperti penebangan hutan yang perlu mendapatkan perhatian lebih karena berdampak langsung pada kerusakan lingkungan,” ungkap Nicole. 

Produksi pertunjukan Timun Mas dikerjakan seluruhnya oleh siswa dari Binus School Serpong, mulai dari aktor dan aktris, penata panggung, penata busana, penata lampu, kepenulisan naskah, dan juga musik orkestra yang mengiringi jalannya pertunjukan. 

Bahkan, sebagian besar musik yang menjadi pengiring merupakan hasil aransemen dari Tim Produksi Timun Mas. 

Wakil Kepala Komite Produksi Timun Mas, Calista Zahra Caesariyani yang juga merupakan siswi kelas 11 Binus School Serpong menuturkan produksi Timun Mas telah berlangsung sejak 2022 lalu. 

Para siswa bekerja keras untuk memberikan hasil terbaik dengan tetap membagi waktu antara akademis dan juga persiapan pertunjukan ini. 

“Kami juga mendapatkan banyak dukungan dan arahan dari guru-guru maupun bantuan dari orang tua, dengan banyaknya dukungan yang didapatkan semakin membuat kami bersemangat memberikan penampilan yang berkesan,” tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo