TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Profil Mahfud MD Lengkap Harta Kekayaan, Keluarga Hingga Kepanjangan Inisial MD

Laporan: AY
Minggu, 22 Oktober 2023 | 16:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Banyak yang ingin tahu lebih dalam profil Mahfud Md, setelah diusung sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo pada Rabu (18/10) lalu.

Siapa Itu Mahfud MD?

Tentu Mahfud bukan sosok yang asing bagi warga Indonesia yang aktif mengikuti perkembangan politik, pemerintahan dan hukum di Tanah Air.

Sebab, mantan Rektor Universitas Islam Kadiri itu pernah menduduki berbagai jabatan strategis. Baik di eksekutif, legislatif maupun yudikatif.

Mahfud dilahirkan di Sampang, Madura pada 13 Mei 1957. Setelah pindah ke Pamekasan, dia mendalami agama di pondok pesantren Somber Lagah di Desa Tegangser Laok. 

Meski memiliki prestasi bagus, ia tidak melanjutkan ke sekolah favorit, melainkan masuk ke Pendidikan Guru Agama (PGA) Negeri di Pamekasan. Setelah menamatkan PGA, ia melanjutkan ke Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN) di Yogyakarta. 

Pada 1978, Mahfud lulus dari PHIN dan melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) dan Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Selama kuliah, ia aktif dalam organisasi kemahasiswaan seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Setelah lulus dari Fakultas Hukum, Mahfud bekerja sebagai dosen di almamaternya dan melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di UGM dengan disertasi tentang politik hukum. 

Dengan kerja kerasnya, ia berhasil menjadi guru besar di usia 41 tahun dan mengajar di 20 perguruan tinggi, termasuk di University of Malaya, Kuala Lumpur.

Biodata Singkat

Lahir

13 Mei 1957 (umur 66) di Sampang, Jawa Timur

Almamater

- Universitas Islam Indonesia

- Universitas Gadjah Mada

Keluarga Mahfud MD

Orang tua

Mahmodin (ayah)

Siti Khadijah (ibu)

Istri: Zaizatun Nihajati

Anak

Mohammad Ikhwan Zein, laki-laki kelahiran 15 Maret 1984, Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, saat berprofesi sebagai dokter.

Vina Amalia, perempuan kelahiran 15 Juli 1989, Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlanga ini juga berprofesi sebagai dokter

Royhan Akbar, laki-laki kelahiran 7 Februari 1991, Alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada 

Menantu Mahfud MD

Ukhti Jamil, Istri dari Ikhwan Zein putra pertama Mahfud MD. Saat ini ia bekerja sebagai dokter.

Angga Fiandana, suami dari anak perempuan Mahfud, Vina Amalia. Saat ini ia bekerja sebagai dokter di salah satu Rumah Sakit di Jawa Timur

Hubungan Keluarga Lainnya

Mahfud adalah anak kedua dari 8 bersaudara. Salah satu adik kandungnya adalah Siti Marwiyah, sosok akademisi yang juga rektor ke-9 Universitas Dr Soetomo

Sosok lain yang juga dikenal juga punya hubungan keluarga dengan Mahfid adalah Firman Syah Ali. Kepala Bidang Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur adalah keponakannya.

Berapa harta kekayaan Mahfud MD?

Pada 31 Maret 2023, Mahfud MD mengumumkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk tahun 2022. Berdasarkan LHKPN tersebut, total kekayaan Mahfud MD mencapai Rp29.546.144.117. Kekayaannya ini terdiri dari 15 harta berupa tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai daerah.

Mahfud MD Pernah Menjabat Apa Saja?

Eksekutif:

Menteri Pertahanan Ke 21 tahun 2000-2001

Menteri Kehakiman Dan Hak Asasi Manusia tahun 2001

Menteri Koordinator Politik, Hukum Dan HAM 2019- sekarang

Plt Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia tahun 2022

Plt Menteri Komunikasi dan Informatika tahun 2023

Legislatif:

Anggota Komisi I DPR Tahun 2006-2007

Anggota Komisi III DPR Tahun 2007-2008

Wakil Ketua Badan Legislatif DPR Tahun 2007-2008

Yudikatif

Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013

Apa Kepanjangan Dari Inisial MD Di Nama Mahfud?

Inisial "MD" yang melekat di belakang namanya adalah singkatan dari nama ayahnya, Mahmodin. Penambahan inisial ini dimulai saat Mahfud bersekolah di Pendidikan Guru Agama (PGA), sebuah lembaga pendidikan setara SMP.

Saat itu, terdapat beberapa teman sekelasnya yang juga bernama Mahfud. Untuk membedakan antara satu Mahfud dengan yang lain, wali kelas meminta agar setiap murid yang bernama Mahfud menambahkan nama orang tua di belakang namanya. Sebagai hasilnya, Mahfud kemudian menambahkan "Mahmodin" di bagian belakang namanya. 

Namun, karena merasa kurang keren. Mahfud menyingkat nama "Mahmodin" menjadi "MD". Sejak itu, nama Mahfud lebih dikenal sebagai Mahfud MD.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo