TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Perayaan Malam Tahun Baru, Sampah Bertambah 90 Ton

DLH Kerahkan 80 Petugas Kebersihan & 10 Armada

Laporan: Idral Mahdi
Selasa, 02 Januari 2024 | 07:15 WIB
Malam tahun baru di Kota Tangsel menghasilan sampah sebanyak 90 ton.(dra)
Malam tahun baru di Kota Tangsel menghasilan sampah sebanyak 90 ton.(dra)

SERPONG-Pesta perayaan malam Tahun Baru di sejumlah lokasi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menambah volume sampah seberat 90 ton dari hari biasa yang mencapai 900 ton. Sebanyak 80 petugas kebersihan dan 10 armada dikerahkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman mengatakan, sebelum pergantian malam Tahun Baru 2024, sampah di Kota Tangsel mengalami penurunan. Dia menilai, penurunan itu karena banyak warga meninggalkan Kota Tangsel untuk liburan atau mudik pada liburan panjang akhir tahun.

Namun, pada malam puncak pergantian tahun sampah kembali meningkat, karena banyaknya aktivitas yang dilakukan untuk merayakan malam Tahun Baru.

"Di puncak malam Tahun Baru, karena ada perayaan-perayaan Tahun Baru dan banyak perkumpulan-perkumpulan massa, tentu ada peningkatan sampah, tapi tidak signifikan" katanya.

Wahyunoto menuturkan, sampah pada perayaan malam Tahun Baru di Tangsel bertambah mencapai 90 ton. "Kalau biasanya sampah di Tangsel kurang lebih 900 sampai 1.000 ton sehari, bisa nambah sekitar 5 sampai 10 persen karena acara puncak malam tahun baru," ungkapnya.

Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Tangsel, Rastra Yudhatama mengatakan, sampah yang dihasilkan pada malam tahun baru didominasi oleh sampah rumah tangga.

Yudha menyebut, untuk membersihkan tumpukan sampah pasca perayaan tahun baru pihaknya mengerahkan 80 petugas kebersihan. Selain itu 10 armada pengangkut juga dikerahkan untuk mengangkut tumpukan-tumpukan sampah di sejumlah lokasi.

"Sampah makanan atau sampah rumah tangga mendominasi, karena mungkin bekas acara perayaan tahun baru. Untuk membersihkan sampah kita kerahkan 80 petugas kebersihan dibantu dengan 10 armada untuk mengangkut sampah," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo