TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pangeran Brunei Abdul Mateen Nikahi Anisha Rosnah.

Pesta Pernikahan Dirayakan Selama 10 Hari

Laporan: Gema
Kamis, 11 Januari 2024 | 16:26 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

BRUNEI - Pangeran Brunei Abdul Mateen (32), lajang pria paling ngehits di Asia, akhirnya resmi menikahi tunangannya, Anisha Rosnah (29) di masjid berkubah emas Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Kamis (11/1/2024).
Akad nikah hari ini adalah awal dari perayaan 10 hari yang mewah di kesultanan kaya minyak Brunei.

Pangeran Mateen yang juga dikenal sebagai atlet polo adalah anak ke-10 dari Sultan Hassanal Bolkiah, raja yang paling lama memerintah di dunia dan pernah menjadi orang terkaya sejagat.
Sementara Anisha Rosnah adalah cucu dari salah satu penasihat utama Sultan Brunei. Dia dikenal sebagai pemilik merek fesyen dan bisnis pariwisata.

Seperti dilansir AFP, di hari bahagianya ini, Pangeran Mateen tampak gagah mengenakan pakaian tradisional berwarna putih berhiaskan motif berbentuk berlian dan topi baja serasi. Dia diantar ke masjid dengan sedan mewah.
Dalam prosesi akad nikah, Pangeran Mateen duduk di atas tikar khusus bernama Kasur Namat, diapit empat lilin kuning di setiap sudutnya. Di hadapannya, tampak seorang imam yang memimpin upacara khusus laki-laki, yang dihadiri sultan, para kerabat serta tamu lainnya.

Mengutip Borneo Bulletin, pesta pernikahan mewah ini dihadiri Yang Mulia Pangeran Haji Al-Muhtadee Billah, Putra Mahkota dan Menteri Senior di Kantor Perdana Menteri, Yang Mulia Pangeran 'Abdul Malik, Yang Mulia Pangeran Mohamed Bolkiah, Yang Mulia Pangeran Haji Sufri Bolkiah, dan Yang Mulia Pangeran Haji Jefri Bolkiah.
Puncak perayaan pernikahan kerajaan ini akan digelar pada 14 Januari 2024 dengan upacara gemerlap nan rumit di istana, yang menghadirkan 1.788 kamar.

Pesta yang diakhiri dengan 17 tembakan meriam ini mengundang para keluarga kerajaan internasional dan pemimpin politik.

Banyak warga Brunei berencana berbaris di jalan-jalan untuk prosesi pada tanggal 14 Januari, ketika pasangan pengantin lewat dengan kereta kerajaan.
Brunei Darussalam, negeri minyak yang terletak di atas sebidang tanah di tepi utara Pulau Kalimantan, banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Buddha dan Hindu, sebelum para penguasanya masuk Islam pada abad ke-14.
Negara yang merdeka dari jajahan Inggris pada tahun 1984 ini adalah salah satu negara terkaya di dunia. Menurut laporan Dana Moneter Internasional (IMF), produk domestik bruto (PDB) per kapita tahunannya hampir 36 ribu dolar AS atau Rp 559,73 juta.
Meskipun Sultan Bolkiah telah lama kehilangan gelar orang terkaya di dunia, kekayaannya tetap menjadi legenda.

Sultan berusia 77 tahun itu dilaporkan memiliki banyak koleksi kendaraan mewah. Kediaman resminya di tepi sungai, tercatat sebagai salah satu istana terbesar di dunia.

Hot Royal

Meski kecil kemungkinan naik takhta, Pangeran Mateen terhitung paling beken di keluarga kerajaan Brunei. Media bahkan kerap membandingkan pilot helikopter Angkatan Udara itu dengan Pangeran Harry dari Inggris. Sama-sama dijuluki hot royal.
Pangeran Mateen lulus sebagai kadet perwira di Akademi Militer Kerajaan Inggris Sandhurst. Dia mewakili negaranya dalam cabang olahraga polo di SEA Games 2019.
Dalam beberapa tahun terakhir, pangeran berdarah Brunei-Jepang-Inggris itu memainkan peran yang semakin besar dalam diplomasi internasional.
Pangeran Mateen ikut menemani ayahnya ke penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla pada Mei 2023, dan pemakaman Ratu Elizabeth pada tahun 2022. Dia juga ikut mendampingi ayahnya, menghadiri KTT ASEAN 2023 di Jakarta pada September 2023.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo