TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Siap Bersaing di Era Digital, MTS Muhammadiyah 1 Ciputat Gunakan Teknologi dalam Pembelajaran

Oleh: Mg.Ahmad
Jumat, 12 Januari 2024 | 09:00 WIB
Kepala Sekolah MTS Muhammadiyah 1 Ciputat  Sapar Sugsna. Foto : Ist
Kepala Sekolah MTS Muhammadiyah 1 Ciputat Sapar Sugsna. Foto : Ist

CIPUTAT - Madrasah Tsanawiyah (MTS) Muhammadiyah 1 Ciputat, siap bersaing dalam era digital ini dengan memantapkan penggunaan teknologi guna meningkatkan kualitas kegiatan belajar di sekolah.

Kepala Sekolah MTS Muhammadiyah 1 Ciputat, Sapar Sugana, menjelaskan bahwa pihaknya sudah lama mempersiapkan untuk bersaing di era ini. Bahkan, ada aplikasi bernama Edukasi Digital Muhammadiyah (Edumu) yang juga dimanfaatkan.

"kami sebagai lembaga pendidikan, sekarang sudah tahun kedua menjalani madrasah yang digital dengan memanfaatkan aplikasi Edumu yang di mana bisa mengontrol aktivitas siswa dan guru, serta mengubah beberapa sektor pendidikan ke arah digital," kata Sapar saat diwawancara, Kamis (11/1/2024).

Lebih lanjut, Sapar menjelaskan bahwa diperlukan adanya sinergi antara pihak sekolah dan murid untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, dan juga mencapai target pembelajaran yang telah ditetapkan.

"Penggunaan teknologi itu harus tepat dan sesuai, kalau tidak tepat bisa kacau, apa lagi MTS ini basis pendidikannya agama. Nah, untuk antisipasi yang demikian, kami tingkatkan nilai agama sebagai dasar-dasar kontrol tersebut, misalnya memonitor orang tua siswa untuk bisa diajak bekerja sama dalam menanamkan nilai keagamaan. Sinergi antara sekolah dan wali murid," tegasnya.

Sebagai informasi, aplikasi Edumu yang dipakai oleh MTS Muhammadiyah 1 ini, merupakan sistem digital edukasi yang diciptakan oleh Organisasi Muhammadiyah, di mana pihak sekolah, orang tua, dan murid, dapat mengakses informasi akademik secara langsung dalam seluruh rangkaian pendidikan di sekolah.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo