TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Cerita Peziarah Ke Makam Pendiri Ponpes Darus Sunnah

Oleh: mg.1
Rabu, 24 Januari 2024 | 07:30 WIB
Warga sedang ziarah ke makam KH Ali Mustafa Yaqub di Ciputat Timur. (mg.1)
Warga sedang ziarah ke makam KH Ali Mustafa Yaqub di Ciputat Timur. (mg.1)

CIPUTAT TIMUR-Salah satu ulama hadis terkemuka di Indonesia adalah KH Ali Mustafa Yaqub. Seorang ahli hadis yang tegas dan teguh dalam pendiriannya sehingga kiprah keilmuannya di tanah air tidak usah diragukan lagi.

Ulama jebolan pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur selain aktif berdakwah juga rutin dalam menulis. Hingga wafatnya Mustafa Ali Yaqub tercatat sudah menulis 49 buku dengan bermacam cabang keilmuan.

Sebagai seorang pendakwah, untuk meluaskan ilmunya, Mustafa Ali Yaqub mendirikan Pondok Pesantren Darus Sunnah di Ciputat Timur pada 1997. Ulama ahli hadis tersebut tutup usia pada 2016. Makam Mustafa Ali Yaqub berada di halaman belakang pesantren Darus Sunnah di Pisangan, Ciputat Timur.

Mahasiswa lulusan UIN Jakarta, Ali Akbar menceritakan pengalamannya saat berziarah ke makam Mustafa Ali Yaqub.

“Saya kebetulan ziarah baru pertama kali, sama teman saya Abay. Saya senang sekali bisa tabaruk dan sowan kepada almarhum Kiai Mustafa Ali Yaqub yang kita kenal sebagai kiai, ulama terkemuka di Indonesia,” ucapnya, Selasa (23/1).

Ia melanjutkan, Mustafa Ali Yaqub ulama yang mencerahkan umatnya. Ini tampak manakala ia membolehkan umat Islam mengucapkan selamat Natal kepada non muslim.

“Ketika menjelang perayaan Natal, beliau mengatakan bahwasanya umat Islam boleh kok untuk mengucapkan selamat hari Natal kepada umat kristiani,” jelasnya.

Pria kelahiran Yogyakarta tersebut berharap dengan ziarah ini dapat memperkenalkan dirinya lebih dekat kepada Mustafa Ali Yaqub.

“Agar ada koneksi-koneksi, tidak sekadar saya kenal beliau di televisi. Dan saya bisa berkunjung dan mengalami langsung energi yang luar biasa ketika saya berziarah,” tegasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo