TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Top! Timnas Berhasil Masuk 16 Besar Piala Asia 2023

Laporan: Gema
Jumat, 26 Januari 2024 | 05:30 WIB
Skuad Timnas Indonesia. Foto : Ist
Skuad Timnas Indonesia. Foto : Ist

QATAR - Timnas Indonesia batal angkat koper dari medan laga Piala Asia 2023. Karena berhasil masuk 16 besar, lewat jalur peringkat tiga terbaik. Lawan pertamanya adalah Australia. Berikut ini jadwal dan head to head Indonesia Vs Australia.

Indonesia berhasil lolos ke babak 16 besar setelah diuntungkan oleh Kirgistan yang berhasil menahan imbang Oman 1-1, pada laga terakhir Grup F di Stadion Abdullan Bin Khalifa, Kamis (25/1/) malam. 

Skor imbang ini memaksa Oman berhenti di posisi ketiga Grup F dengan nilai dua. Memberi kesempatan untuk Indonesia naik ke urutan keempat peringkat tiga terbaik di Piala Asia 2023.

Seperti diketahui, Piala Asia 2023 memberikan jatah empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada untuk lolos ke babak gugur.

Ini adalah kali pertama tim Merah Putih berhasil tembus ke 16 besar setelah lima edisi keikutsertaan. Tapi di laga pertama, Indonesia mendapat ujian besar: melawan juara Grup B, Australia. 

Australia bukanlah tim sembarangan. Tim negeri kanguru belum mencatatkan kekalahan dalam 5 pertandingan terakhir. Hanya sekali laga imbang ketika berhadapan dengan Uzbekistan di fase grup B.

Sementara Indonesia hanya mencatat satu kali kemenangan dari lima laga teranyar. Selebihnya kalah. Satu-satunya kemenangan itu diraih saat melawan Vietnam di fase grup D, dengan skor 1-0, Jumat (19/1) lalu.

Jika merujuk catatan di atas, tentu banyak yang berkesimpulan bahwa Australia  bukan lawan seimbang bagi Indonesia. Tapi dalam sejarah pertemuan kedua tim di Piala Asia tahun 2009, Tim Kanguru berhasil ditahan imbang oleh Indonesia 0-0.

Meskipun di tahun berikutnya, 2010, Indonesia harus mengakui keunggulan Australia. Tapi dengan skor tipis: 1-0.

Catatan minor di atas kertas itu tak membuat Ketua Umum PSSI Erick Thohir gentar. Ia tetap optimis dan memuji semangat juang pemain, pelatih hingga ofisial Timnas Indonesia yang luar biasa.

Keberhasilan lolos ke babak 16 besar Piala Asia itu, sebutnya tidak terlepas dari semangat tim dan juga doa seluruh masyarakat Indonesia.

Erick menegaskan bahwa perjuangan tersebut belum selesai. Jelang lawan Australia, Timnas Indonesia harus kerahkan performa maksimal.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo