TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

SMK Letris Pamulang Kenalkan Artificial Intelligence kepada Siswa

Oleh: Mg.Rizki
Jumat, 08 Maret 2024 | 10:30 WIB
Foto : Mg.Rizki
Foto : Mg.Rizki

PAMULANG - SMK Letris Pamulang, mulai memperkenalkan Artificial Intelligence (AI) kepada para siswanya untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait teknologi yang kini semakin berkembang pesat.

Fauzi, guru SMK Letris, mengatakan bahwa perkembangan teknologi yang tak bisa dibendung ini, harusnya dijadikan jembatan untuk mengembangkan kreativitas. Maka dari itu, pihaknya mulai memperkenalkan AI kepada para siswanya.

"AI sekarang kan makin nyata dan ada di keadaan yang sekarang. Nah, sebagai SMK yang ada kaitannya dengan dunia teknologi, umumnya ini biasa dianggap sebagai ancaman karena tenaga manusia sudah tidak dibutuhkan lagi. Tapi, buat saya itu pemikiran keliru, karena harusnya kita memanfaatkan itu untuk lebih kreatif lagi, jangan anggap itu sebagai ancaman, ya anggap aja itu sebagai langkah untuk mendidik siswa agar lebih berkembang lagi nantinya," katanya saat diwawancarai di SMK Letris 2, Kamis (7/3/2024).

Namun menurutnya, masih banyak guru yang pesimis dengan teknologi AI ini. Hal tersebut pun menjadi tantangan tersendiri.

"Hambatan-hambatan itu biasanya ketika banyak guru mental block dan gak open minded melihat kemungkinan ke depan. Lebih-lebih tak mau belajar dan mempelajari hal-hal baru yang di mana itu bisa menghasilkan pemahaman yang tidak terbuka gitu," tambahnya.

Ia pun berharap bahwa AI mulai akan dilibatkan dalam sistem pembelajaran, dan sejalan dengan Kurikulum Merdeka ke depannya.

"Ya, sekarang baru langkah awal memperkenalkan jenis, bagian dan media yang ada kaitannya dengan AI. Sebenarnya Kurikulum Merdeka kalo di sini kan baru kelas 10 yang memakai, nah semoga nanti waktu berjalan itu bisa sesuai dengan perkembangan teknologi, khususnya, AI dan Kurikulum Merdeka," harapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo