TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Komunitas Kasua Gelar Malam Puisi, Upaya Mengenalkan Sastra Pada Masyarakat

Oleh: Mg.Rizki
Jumat, 08 Maret 2024 | 10:15 WIB
Foto : Mg.Rizki
Foto : Mg.Rizki

PONDOK AREN - Komunitas Kasua, menggelar acara Malam Puisi di Tandon Jurangmangu, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Acara tersebut pun dihadiri oleh puluhan penggemar sastra.

Acara ini, bertujuan untuk mempromosikan kecintaan terhadap seni puisi kepada khalayak umum. Para peserta pun memberikan penampilan terbaik mereka dengan membacakan karya-karya puisi dari berbagai tema.

Wildhani, seorang pegiat Komunitas Kasua, memaparkan bahwa kegiatan Malam Puisi ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap satu bulan sekali.

"Sebenarnya awalnya sebagai silaturahmi kecil-kecilan bagi teman-teman yang cuman dua tiga orang, tapi ke makin ke sini makin ramai, yaudah dijadikan agenda rutinan yang siapa aja boleh duduk bareng," katanya saat diwawancara, Kamis (7/3/2024).

Kegiatan ini tak hanya sebagai refleksi dan rekreasi belaka, melainkan sebagai promosi bahwa sastra dan puisi itu masih relevan di jaman sekarang.

"Saya kira banyak komunitas akan berkata begitu, yaitu sebagai ajang silaturahmi dan promosi dan sastra itu sendiri. Tapi, lagi-lagi di dalam kenyataan yang terjadi, orang-orang makin menjauh dari sastra, entah apa sebabnya, makanya kita mencoba membawakan ini di beberapa taman-taman atau tempat wisata yang ada di area Tangsel," tambahnya.

Sementara itu, Reza, pegiat lainnya, mengatakan kegiatan ini juga dapat menjadi alternatif masyarakat untuk mempelajari sastra.

"Tujuan besarnya agar masyarakat nanti kenal sastra, walaupun secara umum semua orang kenal sastra, tapi maksudnya tuh gimana caranya semua orang itu tahu bahwa sastra itu punya value yang besar, contohnya ya kita liat dari pantun atau tembang Jawa dan lain-lainnya. makin ke sini makin terpinggirkan, meski gak secara penuh," ujarnya.

Reza berharap kegiatan ini akan terus berjalan sesuai dengan niat untuk membawa sastra ke ruang publik.

"Mudah-mudahan sih berjalan terus sampai di mana nanti di ruang publik ada ruang khusus buat seni atau budaya dan khususnya sastra itu sendiri. Ya, kalau niat baik kata orang dulu akan ketemu dengan jalannya sendiri," harapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo