TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dishub Kota Tangerang Cek Keamanan Bus Mudik, Perhatikan Tandanya

Laporan: Gema
Rabu, 20 Maret 2024 | 14:38 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, sudah mulai melakukan pengecekan angkutan massal jelang Idulfitri 2024 guna memastikan keamanan dan kelancaran proses mudik.

Kepala Dishub Kota Tangerang, Achmad Suhaely, mengatakan bahwa pengecekan bus di Terminal Poris Plawad, sudah dilakukan sejak Senin (18/3) kemarin, dan akan terus berlangsung hingga hari keberangkatan.

"Ramp check sudah mulai dilaksanakan sejak 18 Maret dan akan berlangsung setiap hari sampai lewat tanggal puncak keberangkatan para pemudik. Segala indikator kelayakan akan dipastikan para petugas bus laik dan aman berangkat," kata Achmad, Rabu (20/3/2024).

Pengecekan dilakukan terhadap bus dalam kota dan juga bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Namun, pemeriksaan difokuskan terhadap bus pariwisata, lantaran seringkali menjadi angkutan mudik Lebaran. 

"Selain memang kendaraan yang sudah memiliki trayek, kami juga melakukan ramp check ke bus pariwisata. Karena biasanya akan banyak digunakan juga demi memenuhi tingginya permintaan akan transportasi mudik," jelasnya.

Pemeriksaan ramp check, meliputi unsur administrasi seperti kartu izin muatan serta SIM pengemudi, lalu unsur teknis utama seperti sistem penerangan dan sistem pengereman, lalu unsur penunjang seperti pengukuran kecepatan.

Bus yang tidak lulus pengecekan, akan diberikan catatan agar segera dilakukan perbaikan agar segera diperbolehkan mengangkut penumpang.

Achmad pun mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar jeli untuk melihat tanda izin bus yang ditempel oleh petugas.

"Yang tidak lulus, tentu tidak diberikan izin berangkat. Untuk yang lulus ramp check, bus akan ditempelkan stiker laik jalan. Ini yang perlu diketahui dan dipahami masyarakat. Pastikan bus yang kalian order telah terpasang stiker laik jalan. Jika tidak memiliki stiker tersebut, dipastikan bus tersebut tidak lulus ramp check dan diragukan keamanannya," ucapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo