TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sebelum Ketemu Ketum PDIP, Prabowo Dan Puan Akan Ketemuan Dahulu Sebelum Lebaran

Laporan: AY
Jumat, 05 April 2024 | 09:58 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Partai Gerindra dan PDI Perjuangan (PDIP) terus menjalin komunikasi untuk mewujudkan pertemuan antara presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sebagai awalan, Prabowo dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani akan ketemuan sebelum Lebaran.
Puan membuka peluang untuk melangsungkan pertemuan dengan siapa pun, termasuk dengan Prabowo. Karena silaturahmi adalah kegiatan yang positif.
“Insya Allah selalu akan dilakukan silahturahmi dengan siapapun. Insya Allah,” kata Puan yang juga Ketua DPR itu, usai memimpin rapat paripurna penutupan masa sidang DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Soal rencana pertemuan Mega dengan Prabowo, Puan juga memberikan sinyal positif. Kata dia, saat ini pihaknya masih fokus melakukan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). “Lebaran dulu, Insya Allah ya (Megawati bertemu Prabowo),” ujar Puan.

Saat ditanya apakah pertemuan kedua tokoh itu berlangsung usai Lebaran, Puan tak banyak berkomentar. “Insya Allah, Insya Allah, ya,” kata Puan.
Puan memang termasuk elite PDIP yang rajin menjalin komunikasi dengan kubu Prabowo. Komunikasi publiknya pun luwes dan tenang. Begitu juga yang disampaikan saat memimpin sidang paripurna penutupan masa sidang di DPR.

Dalam pidatonya, perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR itu, menyampaikan pantun bertema maaf-maafan, pentingnya menjaga silaturahmi, persatuan, dan bergotong royong. Seperti sinyal untuk menyudahi tensi politik pasca pesta demokrasi.
“Putih-putih bunga melati, harum semerbak menghiasi taman. Mari bergembira di dalam hati, menyambut bulan penuh ampunan,” kata Puan, yang disambut tepuk tangan para anggota DPR.

Pantun keduanya menyampaikan pesan serupa. “Jalan-jalan ke kota Medan, malam harinya melihat bulan. Hati senang bertemu Ramadan, mari kita bermaaf-maafan,” ucapnya.

Puan berpesan kepada seluruh anggota DPR untuk dapat menjaga persatuan dan kesatuan. Hal ini mengingat masa reses bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri.
“Kita akan bersama-sama dengan rakyat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri, marilah kita menyapa rakyat pada bulan yang penuh rahmat ini, mempersatukan rakyat dalam semangat gotong royong untuk Indonesia,” ujarnya.

Ditanya soal pantun tersebut, Puan tak banyak bicara. Puan hanya tersenyum.

Apakah ini sinyal rekonsiliasi? Kata Puan, semua pihak saat ini masih mengikuti sidang gugatan hasil pilpres di MK. “Kita hormati proses yang sedang berjalan di MK sampai tanggal 22 (April), ya kita ikuti semua proses tersebut sampai selesai,” kata Puan.
Momen rekonsiliasi itu tampak makin terang setelah Puan terlihat buka puasa bersama dengan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani. Momen buka bersama itu sebelumnya diunggah oleh Ketua MPR sekaligus Waketum Golkar Bambang Soesatyo di Instagram pada Senin (1/4/2024). Terlihat Bamsoet, Rosan, dan Puan sedang selfie bersama dalam momen bukber itu.
Sementara itu, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya sedang mencari waktu agar Prabowo bisa bertemu dengan Megawati dan Puan.

“Ya bahwa pertemuan Pak Prabowo dengan Mbak Puan, Pak Prabowo dengan Bu Mega, tentunya akan direncanakan, akan dibicarakan bersama dan nanti pada saatnya akan diberitahu kepada wartawan,” kata Dasco di gedung DPR, Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Dasco mengatakan, pertemuan tersebut merupakan upaya rekonsiliasi pasca Pilpres 2024. Namun, pihaknya belum memastikan pertemuan antara ketiga tokoh tersebut dilakukan pada saat momentum lebaran atau pasca-Lebaran.
“Kita belum tahu apakah Pak Prabowo ada di Indonesia pada saat Lebaran atau kemudian Bu Mega berencana ada di Indonesia. Karena itu apakah dalam momen lebaran ini yang dibuat pertemuan atau pada momen lain. Nanti juga wartawan kita akan kasih tahu,” kata Dasco.

Selain itu, kata Dasco, pihaknya juga terus menjalin komunikasi dengan partai politik (parpol) lainnya. Termasuk dengan NasDem, PKS, dan PKB.
“Boleh dicek kami selalu melakukan komunikasi-komunikasi baik dalam hal tertentu di DPR maupun komunikasi-komunikasi mengenai hal lain seperi waktu pemilu kami juga tetep melakukan komunikasi-komunikasi dan tidak ada hambatan sama sekali,” kata Dasco.

Waketum Partai Gerindra, Habiburokhman berharap, pertemuan Prabowo dengan Mega terjadi sebelum momen lebaran Idul Fitri. “Kalau bisa sebelum Lebaran juga tidak apa-apa,” ucap Habiburokhman, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2024)

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Jawa Timur, Said Abdullah mengungkapkan, rencana pertemuan Prabowo dengan Mega. Kata dia, mungkin saja pertemuan dilakukan setelah proses sidang di MK selesai. “Sabar, jangan terburu-buru,” kata Said

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo