TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Golkar Pede Juarai Pilkada 2024

Laporan: AY
Sabtu, 08 Juni 2024 | 10:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Partai Golkar optimis sukses di kontestasi Pilkada Serentak 2024 November mendatang. Keyakinan ini didasari keberhasilan merebut 102 kursi DPR pada Pileg 2024.

"Alhamdulillah, Golkar mantap pada perolehan 102 kursi DPR, naik 17 kursi dibanding Pemilu 2019," Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, di Jakarta, kemarin.

Ketua Komisi II DPR ini mengaku, bersyukur atas tren posi­tif Golkar di kontestasi legislatif. Diyakininya, perolehan kursi ti­dak akan berubah. Pasalnya, se­luruh tahapan Pemilu 2024 telah usai. Hal ini setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutus selu­ruh gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa Pileg 2024. "Golkar berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan ke­pada Golkar," katanya.

Menurutnya, kenaikan perole­han kursi ini dapat dijadikan indikator, rakyat menerima dan mendukung pandangan, sikap, kebijakan, dan langkah-langkah yang diambil Partai Golkar selama ini dapat diterima dan didukung rakyat Indonesia.

Plt Ketua DPD Partai Golkar Papua ini menambahkan, selain melesatnya perolehan kursi DPR, partainya juga menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak di tingkat DPRD provinsi. Dia menyebut, perole­han kursi DPRD provinsi yang diraih pada Pemilu 2024 naik 50 kursi menjadi 359 kursi dari sebelumnya hanya 309 di Pemilu 2019. "Bukan hanya perolehan­nya yang terbanyak, tapi juga menjadi partai yang memperoleh pimpinan DPRD terbanyak se-Indonesia," katanya.

Mantan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini juga mengklaim, Golkar berhasil menempatkan kader menjadi Ketua DPRD di 14 provinsi dari 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Selain itu, partai berlogo po­hon Beringin itu juga berhasil menempatkan 20 kadernya se­bagai Wakil Ketua DPRD Provinsi. Sehingga, Golkar berhasil mengamankan posisi pimpinan DPRD di 34 provinsi dari 38 di seluruh Indonesia.

Raihan signifikan Partai Golkar di tingkat provinsi juga linier dengan perolehan kursi DPRD di tingkat kabupaten dan kota. "Partai Golkar meraih 2.521 kursi DPRD kabupaten/kota se-Indonesia, atau setara dengan 14,4 persen dari total 17.510 kursi DPRD kabupaten/kota se-Indonesia," terangnya.

Dengan demikian, Beringin total berhasil mencatatkan ke­naikan kursi sebanyak 99 kursi atau 4 persen dari perolehan di Pemilu 2019 sebanyak 2.422 kursi. "Partai Golkar juga meraih kemenangan di 120 kabupaten/kota se-Indonesia, atau setara 23,7 persen dari 508 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pileg Kabupaten/Kota di 2024. Artinya, otomatis Golkar memiliki 120 Ketua DPRD ditambah 220 wakil ketua DPRD kabupaten/kota selu­ruh Indonesia," tegas Doli.

Dikatakan, capaian ini menjadi modal yang kuat bagi Beringin meraih sukses di Pilkada 2024. Harapannya, seluruh skuad Partai Golkar semakin yakin mam­pu meraih kepercayaan rakyat di kontestasi pesta demokrasi, November 2024. "Mudah-mudahan pada Pilkada November besok, rakyat Indonesia kembali memberikan kepercayaan ke­pada kader-kader terbaik Golkar yang ikut menjadi calon (kepala daerah)," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mematok target tinggi di Pilkada 2024. Skuadnya, diminta memenangkan minimal 60 persenkontestasi pemilihan kepala dae­rah. "Insya Allah 60 persen kita capai," kata Airlangga.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo