TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Hemat Anggaran Dan Stop Korupsi

Oleh: KIKI ISWARA DARMAYANA
Sabtu, 20 Agustus 2022 | 09:53 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

JAKARTA - Ekonomi global mulai terseok-seok. Stok pangan dan energi di Eropa, Afrika dan sebagian negara Asia menipis. Akibatnya inflasi melangit dan rakyat di puluhan negara terancam kelaparan.

Kini rakyat di negara-negara sub tropis mulai cemas akibat minimnya stok energi. Mereka takut mati kedin­ginan akibat tak kebagian gas untuk penghangat ruangan.

Kita patut bersyukur, Indonesia punya stok beras cukup besar. Kita punya cadangan gas, panas bumi dan sumber daya air untuk pembangkit listrik juga cukup besar. Lebih beruntung lagi di sini tak ada musim dingin.

Perang Rusia-Ukraina menyebab­kan ekonomi puluhan negara terpu­ruk. Tapi berkat keberhasilan Indonesia mengendalikan Covid-19 lewat percepatan vaksinasi dan booster. Plus penerapan mekanisme gas dan rem, ekonomi Indonesia pulih lebih cepat dan kuartal II 2022 pertumbuhannya mencapai 5,44 persen.­

Kita juga patut bersyukur, harga batubara naik tinggi, harga nikel dan mineral melejit, sehingga kocek negara semakin tebal.

Tapi karena kita belum tahu kapan konflik Rusia-Ukraina akan bera­khir dan kita juga belum tahu kapan ekonomi dunia bangkit kembali, maka uang yang ada mesti dihemat.

Ke depan ini, tak boleh ada lagi penggunaan uang negara untuk hal-hal yang tak berkaitan langsung dengan kepentingan negara dan rakyat.

Kita berharap, ke depan ini, penggu­naan uang negara diawasi lebih ketat oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Jangan ada lagi kebocoran-kebocoran.Ke depan ini, jangan ada lagi gubernur, bupati atau walikota yang main-main dengan uang negara.

Kita juga berharap jangan ada lagi kepala daerah yang kena OTT (Operasi Tangkap Tangan) KPK.

Kepala daerah dan pimpinan DPRD wajib menjaga keuangan daerah. Kalau ada tanda-tanda oknum kepala dinas atau anggota DPRD coba-coba mencuri uang negara, harus ditindak tegas.

Cepat laporkan ke KPK. Begitu ada transaksi pencurian uang negara atau penyuapan ke oknum pejabat pemda, langsung lakukan OTT.

Kalau korupsi bisa distop, uang negara yang dialokasikan untuk membantu rakyat kecil, akan semakin besar.

Jadi sekali lagi, apabila korupsi bisa distop, negara ini bakal lebih mampu menghadapi krisis ekonomi global.

Komentar:
Berita Lainnya
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo