TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pohon Besar Tumbang Hingga Menutup Aliran Kali Angke di Ciputat, BPBD Bergerak Cepat

Laporan: AY
Kamis, 08 September 2022 | 17:55 WIB
Petugas BPBD Tangsel saat mengevakuasi pohon tumbang di aliran Kali Angke. (ist)
Petugas BPBD Tangsel saat mengevakuasi pohon tumbang di aliran Kali Angke. (ist)

CIPUTAT, Pohon besar di aliran kali angke yang berlokasi di kawasan Perumahan Vila Mutiara, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), tumbang hingga sempat menutup aliran sungai. 

Pohon yang begitu besar, menyebabkan tanah di sekitarnya ikut runtuh hingga seolah seperti longsor ke arah sungai. 

Mendapat laporan tersebut, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel langsung bergerak cepat untuk mengevakuasi batang pohon. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangsel, M. F. Gumay menuturkan, evakuasi dilakukan secepat mungkin agar aliran sungai tak meluap ke permukiman warga. 

"Itu bukan longsor, itu pohon tumbang ke arah kali angke. Karena kita mengkhawatirkan pohon itu menyebabkan aliran air terhambat, khawatirnya banjir. Maka langsung kita evakuasi," ujar Gumay saat dikonfirmasi, Kamis (8/9/2022).

Evakuasi pohon tumbang tersebut, kata Gumay, dilakukan dengan cara dipotong. Namun lantaran ukuran pohon yang besar, hingga kini masih tersisa bonggol atau bagian bawah kayu pada pohon tersebut. 

"Alhamdulillah kita dibantu oleh Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), bersama Pemadam Kebakaran, mereka terjun semua, karena pohonnya besar. Kita evaluasi, kita pohon bagian batangnya. Tapi sekarang masih tersisa bonggolnya, karena memang besar sekali. Harus memakai alat berat untuk mengangkatnya," tutur Gumay. 

Gumay menceritakan, insiden tersebut bermula terjadi pada sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Saat pohon itu tumbang, sempat terdengar suara yang cukup keras. 

"Petugas keamanan setempat bilang sempat terdengar suara yang cukup kencang. Ternyata pohon itu tumbang," ungkapnya. 

Ia menduga, pohon tumbang disebabkan lantaran tanah yang terkikis oleh aliran air kali. Pasalnya, aliran kali angke tersebut terpantau cukup deras. Terlebih, sebelum kejadian hujan sempat mengguyur lokasi. 

"Sehingga tanahnya gak mampu menopang berat pohon. Sehingga tumbang," imbuhnya. 

Ia memastikan, saat ini kondisi lokasi terpantau kondusif. Walaupun kekhawatiran akan datangnya banjir sempat terlintas ketika hujan terus mengguyur sejak siang hari. 

"Saat ini Alhamdulillah sudah kondusif, walaupun tadi sempat naik airnya. Karena memang gerimis terus dari tadi. Mudah-mudahan tidak terjadi banjir," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo