TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

KCIC: Proyek Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Masuk Tahap Akhir

Laporan: AY
Jumat, 14 Oktober 2022 | 10:25 WIB
Teknisi sedang memeriksa lokomotif Kereta Cepat Jakarta- Bandung. (Ist)
Teknisi sedang memeriksa lokomotif Kereta Cepat Jakarta- Bandung. (Ist)

JAWA BARAT - Proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah memasuki tahap akhir. Saat ini, progresnya sudah mencapai 88 persen.

Demikian disampaikan Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, di Tegal Luar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Kamis (14/10/2022).

"Saat ini kita benar-benar mendekati tahap akhir untuk konstruksinya," katanya.

Dwiyana mengatakan konstruksi pada tahap akhir menyangkut masalah subsistem, track, listrik aliran atas, persinyalan, commisioning dengan Kementerian Perhubungan, dan sebagainya.

Hal ini merupakan pekerjaan yang persentasenya kecil namun sudah masuk masa interfacing, jadi membutuhkan koordinasi dengan masing-masing kontraktor karena satu lokasi lahan bisa digunakan oleh lebih dari dua kontraktor.

Selain itu juga koordinasi dengan sejumlah kementerian seperti Kementerian Perhubungan dan sebagainya dinilai penting dalam tahap ini.

"Itu membutuhkan sebuah upaya besar, namun alhamdulillah sampai dengan saat ini kami terus didukung," kata Dwiyana.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dapat menjadi bagian konektivitas antarnegara seperti yang digagas negara-negara ASEAN.

Presiden Jokowi mengatakan proyek KCJB akan diintegrasikan dengan pelabuhan ataupun bandara sehingga menjadi bagian konektivitas lintas negara. Jokowi mengungkapkan realisasi pembangunan proyek kereta cepat hingga Rabu ini, sudah mencapai 88,8 persen dari target.

Dia mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat beroperasi pada Juni 2023. Dengan dibangunnya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Jokowi mengharapkan mobilitas orang dan barang akan meningkat dan cepat. Hal itu juga akan meningkatkan daya saing perekonomian. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo