TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Proses Komunikasi Bisnis di Era Digital

Oleh: Arniwati Gea dan Dinda Rahmania
Selasa, 18 Oktober 2022 | 10:44 WIB
Ilustrasi proses komunikasi bisnis di era digital. (Ist)
Ilustrasi proses komunikasi bisnis di era digital. (Ist)

Berbicara mengenai komunikasi kawan-kawan, sudah pasti tau pentingnya komunikasi kan?
Dalam hidup kita tak luput dari komunikasi, berbisnis pun mengharuskan seseorang agar bisa berkomunikasi dengan baik.

Dengan komunikasi yang baik, seorang pebisnis bisa menjual produk yang dimilikinya dan dapat menghindari terjadinya kesalahpahaman antar kedua belah pihak. Komunikasi juga diperlukan suatu proses agar dapat menyampaikan dan memperluas suatu ide dan pikiran yang dimiliki seseorang kepada orang lain, sehingga orang lain mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan tersebut.

Bagaimana sih proses komunikasi bisnis yang baik di era digital saat ini?
Komunikasi merupakan sebuah wadah atau perantara dalam sebuah bisnis bagi pengusaha dimana proses komunikasi ini menyampaikan ide dan pikiran atau pendapat yang ingin diutarakan dalam situasi tertentu sehingga proses berbisnis pun berjalan lancar.

Ada 2 proses komunikasi yaitu: Proses Komunikasi Primer yaitu proses penyampaian dengan menggunakan gerakan tubuh atau menunjukan gambar sesuai dengan yang ingin disampaikan, dan Proses Komunikasi Sekunder yaitu proses penyampaian pesan dengan menggunakan alat bantu seperti telepon, surat kabar, majalah, radio, televisi, film, internet, dan lain-lain .

Proses komunikasi bisnis dimulai dari seorang komunikator yang mempunyai ide, gagasan atau pendapat lalu mengubah ide tersebut menjadi sebuah pesan dan pesan tersebut dikirim kepada komunikan melalui media elektronik seperti jaringan telepon, pesan whatsapp, atau media sosial.

Setelah komunikan menerima pesan yang dikirim oleh komunikator, komunikan menelaah atau menafsirkan isi pesan tersebut dengan baik agar tidak terjadi kesalahpahaman antar komunikator dengan komunikan. Proses terakhir yang terjadi dalam komunikasi bisnis yaitu komunikan melalukan feedback atau memberi tanggapan atas pesan yang telah diterima melalui media yang sama.

Inti dari komunikasi adalah seseorang yang ingin mengirimkan pesan kepada orang lain dengan tujuan agar pesan tersebut mencapai hasil yang ingin dicapai. Di dalam komunikasi ada istilah etika berkomunikasi, nah yang dimaksud etika disini adalah hormat, sopan santun, dan akal sehat ketika seseorang menghadapi beragam situasi yang berbeda dalam komunikasi bisnis.

Pada era digital ini membawa perubahan dalam berkomunikasi. Seperti sekarang ini teknologi informasi juga memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan efektivitas komunikasi. Misalnya internet, internet memiliki peranan yang penting dalam perkembangan bisnis.

Mengapa demikian?
Karena dengan menggunakan internet, komunikasi bisnis menjadi mudah, cepat, dan luas cakupannya. Adapun perkembangan bisnis tersebut mencakup nilai produk, aktivitas operasional, dan pelayanan jasa. Komunikasi bisnis di era digital ini sudah dapat dilakukan dengan video call melalui ponsel sehingga memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi. Komunikasi dalam bisnis pun seiring dengan munculnya era digital menjadi lebih berkembang dan bervariasi pastinya.

Apa saja contoh proses komunikasi yang ada di era digital saat ini?
Contohnya, yang sering sekali kita lihat di media sosial yaitu endorsement. Endorsement adalah sebuah iklan yang memberikan informasi tentang suatu produk kepada pengguna sosial media dengan cara memberikan kelebihan kelebihan yang dimiliki oleh produk tersebut, ada berbagai macam cara untuk mempromosikannya antara lain dengan melalui foto,video atau dengan cara kreatif lainnya. agar produk tersebut dikenal dan dapat dipercaya oleh banyak orang.

Dengan demikian proses komunikasi sangat penting dalam berbisnis di era digital seperti sekarang ini Karena cara ini benar benar memudahkan bagi si pelaku bisnis. Pelaku bisnis juga diharapkan dapat memanfaatkan era ini dengan baik untuk memajukan bisnisnya karena media di internet sekarang sudah menjadi hal umum yang dikenal semua orang.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo