TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Pilkada Jawa Tengah 2024

Golkar Solo Mau Usung Gibran

Laporan: AY
Selasa, 01 November 2022 | 09:42 WIB
Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Solo. (Ist)
Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Solo. (Ist)

JAWA TENGAH - Partai Golkar Kota Solo membuat manuver di bursa Pemilu Kepala Daerah Pilkada (Pilkada) Provinsi Jawa Tengah tahun 2024. Selain mengusulkan calon dari kader internal, beringin berencana mengusulkan nama dari partai lain, yakni politisi PDIP yang saat ini menjabat Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Harian Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Solo, Bandung Joko Suryono menyampaikan, keinginan pihaknya mencalonkan Gibran di Pilkada Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024, didasarkan pada sejumlah pertimbangan.
Salah satunya, DPD Partai Golkar Kota Solo menilai kapabilitas Gibran sebagai kepala daerah telah teruji di Kota Solo.

“Nama Mas Gibran muncul karena beliau memiliki kemampuan luar biasa mengemban amanah sebagai Wali Kota Solo. Pertimbangan lain yang membuat nama Gibran ingin diusulkan, karena dia berhasil menangani pandemi Covid-19 secara mendalam,” ujar Joko di Solo, Jawa Tengah, kemarin.

Dalam situasi Covid-19, sam­bung dia, Gibran tak sekadar mampu mengembalikan pemuli­han kesehatan masyarakat. Menurut dia, putra sulung Presiden Jokowi itu mampu menjaga kestabilan ekonomi dengan melakukan percepatan pemuli­han ekonomi.

Kemampuan Gibran mele­wati masa-masa pandemi. Salah satunya bisa dilihat dengan melakukan pendampingan terhadap 6.500 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Solo.

DIa menilai, pendampingan yang dilakukan Gibran sukses mempertahankan kondisi per­ekonomian, bahkan sukses membawa para pelaku UMKM kembali bangkit.

“Mas Gibran memiliki banyak prestasi. Meski di awal pemerintahan dia sempat diragukan karena usianya masih muda. Tapi beliau berhasil menyelenggara­kan event yang sifatnya lokal, regional, nasional, bahkan in­ternasional. Eent-event tersebut berhasil mendongkrak ekonomi Solo,” jelasnya.

Disinggung adanya calon lain yang akan diusulkan pada Pilkada Jateng 2024, Joko menyebut nama Ketua DPD I Partai Golkar Jateng, Panggah Susanto.

Rencananya, nama Gibran dan Panggah akan diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar sebagai bahan pertimbangan.

Terpisah, Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyampaikan, da­lam survei yang dilakukan lem­baganya pada 20-27 September 2022, Gibran Rakabuming Raka mendapatkan elektabilitas tertinggisebagai calon Gubernur Jateng dengan capaian 37,7 persen.

Dari catatannya, elektabilitas Gibran saat survei dilakukan, mengalahkan elektabilitas se­jumlah figur lain, di antaranya Taj Yasin Maimoen (12,5 persen), Hendrar Prihadi (7,7 persen), FX Hadi Rudyatmo (4,7 persen) dan Achmad Husein (3,7 persen).

“Sementara, pada saat survei dilakukan, responden memilih tokoh lain sebanyak 2,3 persen, dan tidak tahu/tidak men­jawab sebanyak 25,8 persen,” pungkasnya. 

Sumber berita rm.id :
https://rm.id/baca-berita/pilkada/146708/pilkada-jawa-tengah-2024-golkar-solo-mau-usung-gibran

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo