TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo
Kampanye Tiap Hari

Anies Masih Dibawah Ganjar Dan Prabowo

Laporan: AY
Senin, 21 November 2022 | 09:19 WIB
Anies Baswedan saat kampanye di Ciamis, Jawa Barat. (Ist)
Anies Baswedan saat kampanye di Ciamis, Jawa Barat. (Ist)

JAKARTA - Usai tak lagi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan dicapreskan oleh Partai NasDem, Anies Baswedan makin lincah. Hampir tiap hari, Anies kampanye ke berbagai daerah. Sayang, buah kampanyenya itu, belum terasa manisnya.

Buktinya, dalam berbagi survei capres, Anies masih ada di bawah Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Kenapa demikian ya? Di mana salahnya?

Setelah keliling ke Solo dan Yogyakarta, akhir pekan lalu, Anies menginjakkan kaki di tatar Sunda. Eks Rektor Paramadina itu, mengawali safari pada Sabtu lalu, dengan mengunjungi sejumlah pondok pesantren di Tasikmalaya dan Ciamis.

Kemarin pagi, Anies menyapa ribuan masyarakat yang melakukan jalan segar di alun-alun Ciamis. Acara yang digelar NasDem ini, berhadiah utama umroh, dan 11 sepeda motor. Ribuan masyarakat dari Tasikmalaya, Ciamis, dan sekitarnya, ikut jalan sehat. Selain mengincar sepeda, warga juga ingin bertemu capres idolanya.

Di akun Instagram miliknya, Anies membagikan kegiatan saat jalan santai itu. Kata dia, dari Ciamis kita kirimkan pesan perubahan ke seluruh Indonesia.

"Semangat warga Ciamis menggambarkan semangat untuk maju, sejahtera, dan lebih berkeadilan untuk semuanya," tulis Anies, di akun Instagram miliknya.

Kepada wartawan, Anies bersyukur karena meski nama cawapres belum diketok, koalisi partai pengusungnya semakin solid. Lebih lanjut, Anies bersyukur tugas di Jakarta sebagai gubernur telah tuntas. Dia pun meminta masyarakat untuk melihat apa yang telah dilakukannya di Jakarta sebagai bahan penilaian.

"Saya mengajak (warga) kalau ada yang dicalonkan lihat rekam jejaknya, karyanya apa. Itu lah yang jadi dasar dalam menyimpulkan (menilai) seseorang," katanya.

Sayangnya, meski rajin berkampanye keliling daerah, elektabilitas Anies masih belum terlalu menggembirakan. Dalam sejumlah survei yang digelar lembaga kredibel, Anies masih belum bisa menyalip elektabilitas Prabowo dan Ganjar.
Dari hasil survei Litbang Kompas yang digelar Oktober lalu misalnya, elektabilitas Anies berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 16,5 persen. Di posisi pertama masih ditempati Ganjar dengan 23,2 persen, dan disusul  Prabowo 17,6 persen.

Meski di posisi ketiga, elektabilitas Anies mengalami tren naik. Survei sebelumnya yang digelar pada Juni, elektabilitas Anies ada di kisaran 12 persen. Sementara elektabilitas Prabowo trennya justru menurun. Padahal, pada survei Juni 2022, tingkat elektoral mantan Danjen Kopassus itu, berada di angka 25,3 persen. Sedangkan Ganjar mengalami kenaikan tipis dari survei sebelumnya di angka 22 persen.

Elektabilitas Ganjar dalam survei SMRC pada Oktober 2022 menempati peringkat teratas dengan 32,1 persen. Posisi Ganjar disusul Prabowo dengan 27,5 persen dan Anies 26 persen.

Indikator Politik Indonesia juga merilis hasil survei. Hasilnya, Ganjar di urutan pertama dengan elektabilitas sebesar 29 persen. Diikuti Prabowo 19,6 persen dan Anies 17,4 persen.

Di bulan September, Charta Politika pun merilis hasil survei. Elektabilitas Ganjar tertinggi yakni 31,3 persen. Anies di urutan kedua dengan elektabilitas sebesar 26,6 persen. Diikuti Prabowo 24,4 persen.

Survei Voxpol Research and Consulting yang dirilis akhir pekan lalu, juga tak jauh berbeda. Tiga besar masih ditempati Ganjar, Prabowo, dan Anies. Meski elektabilitas ketiganya tidak berbeda jauh. Namun, survei mendapat temuan berbeda para capres mulai dipasang-pasangkan.

Dari semua simulasi capres, Anies yang diduetkan dengan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil menang dari para lawannya. Bahkan menurut survei tersebut, pasangan Anies-AHY berpotensi menang 1 putaran baik dalam 3 atau 4 poros capres di Pilpres 2024.

Waketum Partai NasDem, Ahmad Ali menyebut, kunjungan Anies ke Jawa Barat ini dalam rangka memenuhi undangan masyarakat.

Setelah Jawa Barat, kata Ali, Anies bakal sowan ke Sulawesi Tengah pada 24-25 November 2022. Anies dijadwalkan menghadiri Musyawarah Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan memberikan pidato kebangsaan.

Kata Ali, kunjungan Anies ke berbagai daerah ini untuk memperkenalkan calon pemimpin ke masyarakat. Ia berharap, kunjungan dan sosialisasi ini bisa membuat masyarakat lebih mengenal sosok Anies, baik dari personalnya, maupun gagasan dan pikirannya.

Soal elektabilitas Anies, Ahmad Ali tak khawatir. Menurut dia, meski masih di nomor tiga, elektabilitas Anies mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan adanya dukungan dari masyarakat non-partai politik (parpol). Hal itu terlihat dari hasil survei Litbang Kompas.

“Anies ini bukan pilihan bagi NasDem, tetapi harapan untuk Indonesia. Hasil ini bagi NasDem merepresentasikan keinginan orang non-partisan,” ujar Ali.

Ali menilai, kenaikan elektabilitas Anies menjadi indikator bahwa tokoh non-parpol pun layak menjadi capres.

Politikus Demokrat, Herman Khaeron menanggapi hal serupa. Kata dia, hasil survei Voxpol memperlihatkan kalau Anies adalah sosok yang diharapkan masyarakat. Kata dia, dari survei itu juga diketahui sosok cawapres pendamping Anies berperan krusial dalam peningkatan elektabilitas Anies.

“Sekarang ini, dinamika politiknya ada pada cawapres. Karena kalau kita lihat survei-survei Anies, Ganjar, dan Prabowo, selalu menempati posisi teratas,” kata Herman.

Dia bilang, tingginya elektabilitas Anies-AHY merupakan suatu yang menggembirakan bagi Demokrat. Ia berkata, hasil survei tersebut bisa menjadi masukan di dalam diskusi tim kecil pendukung Anies.

Sumber berita rm.id:
https://rm.id/baca-berita/nasional/149565/kampanye-tiap-hari-anies-masih-di-bawah-prabowo-dan-ganjar

Komentar:
Kominfo
DPRD tangsel HUT kota tangsel
Dispora Tangsel
Perkim
RSU
DISPORA
dinkes
KOLLFEVER
ePaper Edisi 02 Desember 2022
Berita Populer
07
CAF Tangerang Sambangi Pusat Gempa Cianjur

Nasional | 1 hari yang lalu

09
RAPBD Pandeglang TA 2023 Anjlok

Pos Banten | 1 hari yang lalu

KEMERDEKAAN DPRD KOTA TANGSEL
KEMERDEKAAN CIPTA KARYA
PEMKAB PANDEGLANG
DINKES 1
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo