TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Capres Favorit Di Musra Dan Survei Charta Politica

Ganjar Banjir Dukungan Di Dalam Dan Luar Negeri

Laporan: AY
Kamis, 01 Desember 2022 | 10:53 WIB
Ganjar Pranowo dengan penampilan rambut hitamnya. (Ist)
Ganjar Pranowo dengan penampilan rambut hitamnya. (Ist)

JAKARTA - Dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prano­wo maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 semakin menguat. Hal itu terlihat dari hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia yang digelar Gabungan relawan Jokowi dan hasil survei Charta Politica terkini.

Pada Musra Indonesia ke-8 yang digelar secara hybrid di kawasan Asia Timur, tepatnya di Gedung TNG Hong Kong pada Minggu (27/11), banyak yang menjagokan Ganjar sebagai Presiden Indonesia ke-8.

Pria berambut perak itu berada di urutan pertama bursa Capres pilihan peserta Musra VIII yang terdiri dari pekerja migran dan diaspora di kawasan Asia Timur itu dengan 20,63 persen.

Disusul Airlangga Hartarto 16,16 persen, Prabowo Subianto 12,23 persen, Moeldoko 10,26 persen, Sandiaga Uno 8,41 persen, Anies Baswedan 6,77 persen, Erick Thohir 5,57 persen, Arsjad Rasjid 5,02 persen, Ridwan Kamil 4,69 persen, Harry Tanoesoedibjo 3,82 persen, dan lainnya 6,44 persen.

Sementara untuk cawapres, Airlangga Hartarto di posisi puncak dengan 16,81 persen. Disusul Mahfud MD 14,52 persen, Ridwan Kamil 12,66 persen, Arsjad Rasjid 11,35 persen, Sandiaga Uno 10,05 persen, Erick Thohir 9,28 persen, Moeldoko 8,41 persen, Yenny Wahid 5,57 persen, Puan Maharani 3,49 persen, Gibran Rakabuming Raka 2,62 persen dan lainnya 5,24 persen.

“Sampai Musra kedelapan, Pak Ganjar dan Pak Prabowo di posisi teratas untuk capres. Sedangkan cawapres, Pak Airlangga, Pak Mahfud, Pak Arsjad konsisten muncul di papan atas. Hanya saja mun­cul nama baru, Pak Harry Tanoesoedibjo, Mbak Yenny, dan Mas Gibran,” kata Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea saat memapar­kan hasil Musra Kawasan Asia Timur yang digelar di Hong Kong ini, di Hotel Century, Jakarta, kemarin.

Andi berterima kasih kepada diaspora yang bermukim di Hong Kong, Macau dan beberapa negara lainnya yang sangat antusias terhadap Musra Indonesia. “Antusias teman-teman terhadap Musra di Hong Kong ini luar biasa,” tambahnya.

Andi Gani menyampaikan, puncak Musra akan diselengga­rakan di Jakarta pada pertenga­han Februari dan dihadiri lang­sung Presiden Jokowi, sekaligus mengumumkan secara keseluru­han hasil akhir Musra. “Pada 8 Januari nanti di Semarang dan di Surabaya 15 Januari. Sebelum puncak di Jakarta yang akan digelar tengah Februari, akan ada juga Musra di Malaysia. Di puncak Musra lima besar capres-cawapres kita serahkan ke Pak Jokowi,” tambahnya.

Soal safari politik panitia Musra, tambah Andi Gani, ma­sih akan berlanjut. Agenda terdekat, Musra akan bertandang ke PDI Perjuangan. Menurutnya, acara relawan Jokowi di GBK akhir pekan lalu yang menimbul­kan polemik, tak jadi halangan panitia Musra bertandang ke kandang Banteng.

“Kami sedang mencoba terus berkomunikasi. Insya Allah Desember. Habis itu ke PAN dan PPP. Secara personal tidak ada masalah relawan Projo dan Musra dengan PDI Perjuangan. Tidak terkendala dengan po­lemik acara kemarin di GBK,” tuturnya.

Ketua Panitia Pelaksana Musra Indonesia, Panel Barus menambahkan, Musra dan temu relawan di GBK adalah dua hal yang berbeda. “Dua-duanya mendukung Pak Jokowi dengan caranya masing-masing. Retaknya hubungan PDI Perjuangan dengan relawan karena acara kemarin, tak mempengaruhi kami di Musra,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Nasional Deklarasi Ganjar Pranowo (Pendekar) Mandela Sinaga menyambut baik hasil survei Charta Politica yang menempatkan jagoannya di puncak bursa Capres 2024. Tren positif ini, menurutnya bakal berbuah tiket untuk Ganjar di Pilpres 2024.

Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil survei elektabilitas Capres 2024. Survei yang melibatkan 1.220 responden dari 34 provinsi di Indonesia pada 4-12 November itu menyebutkan, Ganjar Pranowo unggul atas eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Paling kentara ketika survei ini mensimulasikan elektabili­tas tiga nama capres tersebut. Hasilnya, Ganjar meraih 37,4 persen suara, Anies Baswedan sebesar 29,3 persen, dan Prabowo Subianto meraih 25,3 persen. Tidak menjawab sebesar 8 persen.

“Kami optimis, hasil survei tersebut akan terus menguat untuk Ganjar apabila sudah mendapat­kan restu dari Ibu (Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri),” ujar Mandela kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dikatakan, hasil survei terse­but menjadi bukti kuat bahwa pilihannya mendukung Ganjar untuk pesta demokrasi men­datang adalah tepat. Beragam survei, membuat para relawan semakin berlipat ganda semangatdan jumlahnya. 

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/151124/capres-favorit-di-musra-dan-survei-charta-politica-ganjar-banjir-dukungan-di-dalam-dan-luar-negeri

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo