TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Andika Belum Pasti Temani Yudo Uji Kelayakan Calon Panglima TNI

Laporan: AY
Kamis, 01 Desember 2022 | 10:58 WIB
Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (kiri) bersama Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan). (Ist)
Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (kiri) bersama Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan). (Ist)

JAKARTA - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal), Laksma Julius Widjojono belum bisa memastikan apakah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono bakal ditemani Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat fit and proper test (FPT) alias uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR. 

Menurutnya, saat ini belum ada kepastian siapa yang akan mendampingi Laksamana Yudo saat mengikuti tahapan menjadi panglima TNI penerus Jenderal Andika. "Pendamping atau didampingi siapa belum fix. Sesuai norma dan sesuai kehendak Tuhan," kata Julius, Kamis (1/12).

Namun, dia menegaskan, Laksamana Yudo telah mempersiapkan materi untuk melakukan FPT di hadapan Meutya Hafid dan kawan-kawan. "Bahan presentasi siap. Doa dan dukungan semua rakyat tentunya," tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan perkembangan mengenai jadwal uji kelayakan dan kepatutan (FPT) calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Dasco mengatakan ada kemungkinan FPT terhadap Laksamana Yudo digelar pekan depan.

Dasco mulanya menjelaskan mekanisme calon panglima TNI di DPR. Dasco mengatakan saat ini pihaknya sedang mencocokkan waktu untuk menggelar rapat pimpinan (rapim) setelah menerima surat presiden (surpres) calon panglima TNI.

"Jadi saya sampaikan bahwa Bamus itu harus didahului dengan rapim. Nah sementara, rapim ini akan dilaksanakan kalau memenuhi kuorum. Nah, ini sedang mencari kecocokan waktu dari para pimpinan DPR yang memang sedang ada kegiatan," sebut Dasco.

Selanjutnya, menurut Dasco, pimpinan DPR bakal membicarakan jadwal rapim dan badan musyawarah (bamus) untuk menugaskan Komisi I DPR terkait pelaksanaan fit and proper test. Dia mengatakan rapim dan bamus soal surpres calon panglima TNI baru akan digelar pekan depan.

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/151168/andika-belum-pasti-temani-yudo-uji-kelayakan-calon-panglima-tni

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo