TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Argentina Punya Messi, Kiper Martinez Juga Top Markotop

Laporan: AY
Senin, 19 Desember 2022 | 09:54 WIB
Kiper Timnas Argentina Emiliano Martinez. (Ist)
Kiper Timnas Argentina Emiliano Martinez. (Ist)

QATAR - Sebelum laga final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis yang berakhir dengan drama adu penalti 4-2 digelar di Stadion Lusail Doha, Qatar pada Minggu (18/12), perhatian publik hanya terfokus pada sosok dua superstar: Lionel Messi (Argentina) dan Kylian Mbappe (Prancis).

Hanya dua nama itu yang menghiasi pemberitaan media.

Tetapi, setelah 120 menit yang menegangkan dan menguras emosi dan level permainan 3-3, penalti diperlukan untuk menentukan siapa yang layak menjadi Juara Dunia.

Sementara empat algojo Argentina mengeksekusi tendangan penalti, kiper Emiliano Martinez siaga mengubur harapan Prancis.

Dari empat total upaya, penalti Prancis hanya dua kali menjebol gawang Argentina. Seluruhnya, lewat Mbappe.

Sejak itu, perhatian tertuju ke Martinez. Dia berhasil mematahkan upaya Kingsley Coman. Memastikan Prancis makin kalang kabut.

Kepiawaian Martinez kembali ditunjukkan, saat Aurelien Tchouameni mengadu nasib untuk menambah angka bagi Les Bleus.

Kala itu, Martinez berhasil menggulingkan bola, hingga menjauh dari Tchouameni. Alhasil, gelandang Real Madrid. itu pun harus berjalan untuk mengambilnya.

Martinez kontan berjoget ketika melihat Tchouameni kelimpungan. Ini mengingatkan kita pada pemain Crystal Palace Alan Pardew, di final Piala FA 2016 melawan Manchester United.

Titik terang Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 makin jelas terlihat. Sekalipun ada gol penalti Prancis dari Randal Kolo Muani.

Gol kemenangan Argentina atas Prancis pun, dibungkus pemain pengganti Gonzalo Montiel.

Hasil ini jelas membikin pelatih Argentina Lionel Scaloni girang bukan kepalang.

"Emi Martinez adalah orang yang sangat positif. Dia mengatakan kepada rekan satu timnya, bahwa dia akan menyelamatkan beberapa penalti," ungkapnya.

Pakar BBC Sport pada pertandingan itu, setuju bahwa kejenakaan Martinez memainkan peran besar dalam kemenangan.

"Tidak diragukan lagi. Dia memiliki dampak besar secara mental dalam adu penalti," kata mantan gelandang Inggris Jermaine Jenas.

Mantan striker Inggris Alan Shearer juga mengapresiasi. "Martinez mencoba untuk menghentikan mereka. Dia menendang bola. Dia berbicara dengan para pemain. Dia memberikan tekanan sebanyak mungkin kepada lawan," paparnya.

Sementara eks bek Inggris Rio Ferdinand mengatakan, Martinez sangat lihai di belakang garis.

"Dia mencoba menarik perhatian orang yang memukul bola," cetusnya.

Mungkin, pertandingan tidak akan sampai ke adu penalti, jika bukan karena penyelamatan brilian Martinez di detik-detik terakhir perpanjangan waktu.

Itu adalah salah satu dari sejumlah penyelamatan besar yang dilakukan Martinez di Qatar, yang membuatnya mendapatkan penghargaan Golden Glove alias Sarung Tangan Emas, untuk tiga clean sheet terbanyak.

Martinez memiliki pengaruh besar, dalam durasi singkatnya bersama tim nasional. Sejak memulai debut pada tahun lalu, Martinez telah membantu Argentina memenangkan Copa America, dan sekarang Piala Dunia.

Martinez menghabiskan delapan tahun di Arsenal. Pemain yang sudah enam kali dipinjamkan itu, hanya bermain  di 11 pertandingan Liga Premier untuk The Gunners.

Baru setelah itu, dia hijrah ke Villa pada 2020. Prestasinya pun kian berkembang.

"Saya tak bisa berkata-kata. Saya tenang selama adu penalti. Semua berjalan seperti yang kami inginkan. Semua yang saya impikan telah tercapai," ungkapnya, sumringah. rm.id

Komentar:
Eka hospital
Jadwal Puasa
Rspb
RsPB
Loker
ePaper Edisi 28 Maret 2024
Berita Populer
02
PKS Jagokan Kader Di Pilkada Tangsel

TangselCity | 2 hari yang lalu

07
Prakiraan Cuaca Tangerang Rabu 27 Maret 2024

Pos Tangerang | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo