TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kepuasan Publik Pada Benyamin-Pilar Naik

Hasil Survei MSI Sepanjang 2022

Oleh: Idral Mahdi
Rabu, 22 Februari 2023 | 07:20 WIB
MSI melakukan survei tingkat kepuasan publik terhadap Benyamin-Pilar pada 2022.  hasilnya kepuasan pubblik mencapai 70.7 persen.
MSI melakukan survei tingkat kepuasan publik terhadap Benyamin-Pilar pada 2022. hasilnya kepuasan pubblik mencapai 70.7 persen.

SERPONG -Tren kepuasan masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terhadap kinerja kepemimpinan Wali Kota Benyamin Davnie dan Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan naik signifikan sepanjang tahun kemarin. Benyamin naik sekitar 16,6 persen sedangkan, Pilar 14,6 persen.

Demikian dari hasil survei yang dilakukan Media Survei Indonesia (MSI) pada 10-15 November 2022.

"Tren kepuasan pada kinerja Wali Kota Benyamin terlihat naik signifikan, dari 55,8 persen di April ke 72,4 persen di November 2022. Angka kenaikannya 16,6 persen. Begitupun dengan Wakil Wali Kota Pilar meningkat dari 49,2 persen ke 63,4 persen, atau naik sekitar 14,2 persen," kata Manajer Riset MSI Adi Imam Taufik.

MSI merupakan lembaga survei yang tergabung dalam Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi). MSI melakukan survei secara wawancara tatap muka dengan kuesioner.

Total yang diwawancarai 500 responden yang tersebar di 7 kecamatan. Pemilihan sample menggunakan metode multistage random sampling atau sampel acak bertingkat, dengan margin of error plus minus 4,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Menurut Adi, pada November, tingkat kepuasan publik terhadap Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan masing-masing sebanyak 72,4 persen dan 63,4 persen. Angka ini naik tajam jika dibandingkan dengan survei pada April 2022.

Dia melanjutkan, peningkatan kepuasan publik tercatat juga pada angka gabungan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Jika sebelumnya hanya 61,2 persen, saat ini sudah mencapai 70,7 persen.

Adi menilai, naiknya angka kepuasan ditopang karena tingginya penilaian warga terhadap kemampuan Benyamin-Pilar dalam menyelesaikan seluruh persoalan yang ada.

"Sebanyak 74,4 persen menyebut Benyamin-Pilar mampu dalam selesaikan masalah di Tangsel. Angka kemampuan ini turut memberi kontribusi pada kepuasan publik secara keseluruhan," ujarnya.

Secara kuantitatif, menurut Adi, banyak program yang direspons positif oleh masyarakat Tangsel, dengan angka kepuasan di atas 70 persen. Antara lain penanganan Covid-19 sekitar 86,6 persen, menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari 79.2 persen, penyediaan sarana/prasarana pendidikan 75,8 persen, mempermudah pelayanan kantor Pemda 75,4 persen, penyediaan sarana/prasarana kesehatan 75,2 persen, bangun/perbaiki infrastruktur yang rusak 74 persen, mengatasi kriminalitas dan rasa aman 73,2 persen, dan transportasi publik yang terkoneksi 71 persen.

Ada pun program yang angka penilaiannya di atas 50 persen di antaranya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih 69,2 persen, pemberdayaan UMKM 66 persen, penegakan hukum 64 persen, memangkas biaya perizinan 63,4 persen, menangani masalah kekerasan perempuan dan anak 62 persen, mengatasi masalah narkoba 59,4 persen, dan masalah sampah 54,8 persen.

Kemudian memberantas KKN di lingkungan Pemkot 52,8 persen, mengundang investor 51,6 persen, dan menangani masalah sosial 50,4 persen.

Sedangkan, program kerja yang masih dinilai kurang dari 50 persen yaitu mengatasi kemacetan 34,6 persen, menyediakan lapangan kerja 39,4 persen, dan mengatasi banjir 45,6 persen. Untuk masalah sampah, angka yang tidak puas masih sekitar 44,6 persen.

:Pemkot harus kerja lebih keras lagi menyelesaikan persoalan utama di Tangsel, yakni macet, banjir, sampah, termasuk lapangan kerja. Jika itu diselesaikan secara tuntas, maka kami prediksi di tahun depan kepuasan publik akan semakin tinggi, bisa di atas 80 persen," tandas mahasiswa Program Pascasarjana FIB Universitas Indonesia ini. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo