TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jelang Puasa, Harga Bahan Pokok Mulai Naik

Oleh: Idral Mahdi
Senin, 13 Maret 2023 | 07:00 WIB
Polres Tangsel kembali menggelar kegiatan Jumat Curhat, dan kali ini digelar di Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu.
Polres Tangsel kembali menggelar kegiatan Jumat Curhat, dan kali ini digelar di Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu.

SERPONG-Seperti sudah menjadi tradisi, jelang Ramadan beberapa harga kebutuhan pokok di pasar-pasar mulai naik. Bahkan harga cabai kini sudah mencapai Rp 100 ribu ker kilogram.
 Menurut Yatno, pedagang di Pasar Jelupang, Kecamatan Serpong Utara, kenaikan komoditas cabai sendiri memang selalu terjadi setiap momen tahunan itu. Kemudian, bawang juga jadi produk yang turut melambung.
 Dia menerangkan, jika naiknya harga cabai di semua jenis terbilang tinggi hingga sekitar 50 persen. Sebelumnya, cabai merah keriting dijual pedagang pasar di kisaran Rp 60 ribu per kilogram namun kini melonjak tajam hingga mencapai Rp 100 ribu per kilogram.
 “Sudah pasti ada kenaikan, yang jelas cabai dan bawang naik menjelang Ramadan. Harga normal cabai biasanya Rp 60 ribu per kilo dan sekarang naik menjadi Rp 100 ribu,” kata Ikrom.
 Kemudian, untuk jenis bawang merah dan putih rata-rata mengalami kenaikan sebesar Rp 5 ribu per kilogramnya. Untuk bawang putih, harga sebelumnya Rp 30 ribu perkilogram, kini naik menjadi Rp 35 ribu. Sedangkan bawang merah sebelumnya Rp 35 ribu kini menjadi Rp 40 ribu.
 “Harga normal bawang putih Rp 30 ribu kini menjadi Rp 35 ribu, sedangkan bawang merah Rp35 ribu, kini menjadi Rp 40 ribu, dan sayuran mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu” kata Yatno.
 Kenaikan harga terjadi akibat berbagai faktor. Namun untuk kasus di tempatnya, perubahan itu terjadi karena adanya cuaca buruk.
 “Iya sudah pada naik menjelang Ramadan. Tetapi ada juga faktor lain, karena saat ini musim hujan juga kan, jadi ini bisa juga berpengaruh terhadap kenaikan harga yang tinggi,” kata Andi.
 Dia berharap, pemerintah juga bisa langusg turun segera ke pasar-pasar serta ke distribusi, agar mampu mengintrol kenaikan harga bahan pokok tersebut.
 “Kita berharap ada upaya pemerintah untuk mengontrol harga bahan pokok. Ini kan momen rutin setiap tahunnya, tentunya harus ada solusi agar tidak terus seperti ini,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo