TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kemeriahan Harlah Ke-16 Persatuan Pencak Silat Kelabang Putih Ciputat

Laporan: Sudin Antoro
Selasa, 14 Maret 2023 | 07:20 WIB
Hari Lahir (Harlah) Ke-16 Persatuan Pencak Silat Kelabang Putih Ciputat dihadiri  35 perguruan  silat se Jabodetabek,.
Hari Lahir (Harlah) Ke-16 Persatuan Pencak Silat Kelabang Putih Ciputat dihadiri 35 perguruan silat se Jabodetabek,.

CIPUTAT - Hari Lahir (Harlah) Ke-16 Persatuan Pencak Silat Kelabang Putih Ciputat dihadiri Tokoh Nasional Mayjen (Purn) Eddy Nalapraya. Dengan menyaksikan berbagai atraksi dari  35 perguruan  silat se Jabodetabek, berlangsung pada (11-12/03), di Stadion Mini Ciputat.

Mayjen (Purn) Eddy Nalapraya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun yang Ke-16. Mudah- mudahan di usia yang muda ini, dapat berkembang. Acara seperti ini menurutnya sangat diharapkan bagi UNESCO. Yang mana pada tanggal 19, tahun 2019 tradisi pencak silat sudah diakui oleh UNESCO. 

“Tradisi pencak silat harus dikembangkan dan dipelihara.   Jika perlu dilaporkan juga ke IPSI,” ungkap Eddy yang kini berusia kurang lebih sekitar 90 tahun lebih.

Dalam kesempatan ini Mayjen (purn) Eddy Nalapraya  juga memberikan Piagam Penghargaan berupa Sertifikat dari UNESCO sebagai bentuk apresiasi terhadap kegiatan sosial dan budaya. Diterima langsung Ketua Persatuan Pencak Silat Kelabang Putih  Ciputat, Faisal Hadi.

Ketua Persatuan Pencak Silat Kelabang Putih Ciputat, Faisal Hadi mengatakan Harlah yang dilakukan  dalam agenda tahunan ini, Alhamdulillah apresiasi dan dukungan  dari para guru, termasuk berbagai persatuan  silat turut serta. Mereka begitu antusias dari Jabodetabek dengan menampilkan berbagai kebolehan. Buka saja prioritas di wilayah Kota Tangsel semata.

“Kedepan mudah- mudahan kita sebagai pelaku pelestari budaya betul- betul bisa sama- sama menjaga kebudayaan kita. Ini suatu amanah yang diberikan oleh pendahulu kita, tokoh masyarakat, dan para guru. Mengamanatkan, harus ada regenerasi. Dan kita yang diharapkan bisa menjaga serta membuktikan. Salah satunya dengan diadakannya momen ini, sebagai bentuk melestarikan budaya,” tambah Faisal.

Sementara itu, Ketua IPSI Kota Tangsel Delima Bungsu Andi turut menyampaikan ucapan selamat atas Harlah yang Ke-16. Dirinya juga memuji keberhasilan Ketua Pencak Silat Kelabang Putih yang dianggap telah berhasil.

“Saya sangat bangga melihat adik saya Faisal Hadi bisa membesarkan Kelabang Putih dan banyak apresiasi dari warga serta lingkungannya di Ciputat dan sekitarnya,”pujinya.

Dirinya berharap pencak silat ini mampu bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tangsel.   Sehingga bisa menyumbangkan nilai baik. Sebab pencak silat disamping sebagai cabang olahraga. Juga sebagai kearifan lokal budaya Indonesia yang harus dijaga.

“Perguruan silat yang ada di Kecamatan Ciputat bisa bersama sama saling bergandengan tangan memberikan kontribusi perkembangan dan prestasi pencak silat untuk Kota Tangsel,” kata Delima.

Penasehat Kelabang Putih Asep Syaifudin yang juga akrab disapa Gibos  mengucapkan selamat Harlah yang Ke-16. Doanya, mudah- mudahan selalu diberikan keberkahan, kesuksesan dan kelancaran.

“Harapan saya semoga Perguruan Pencak Silat Kelabang Putih ini, terus eksis berkiprah dan bersosialisasi mengembangkan seni budaya untuk melestarikan wilayah Kota Tangsel,” harapnya.

Dalam kesempatan itu turut dilakukan santunan anak yatim kurang lebih ada 100 anak yang terbagi di beberapa kelurahan, wilayah Kecamatan Ciputat. Di akhir acara, pemberian piala berikut uang pembinaan bagi pemenang dengan berbagai kategori. Piala bergilir diperoleh Sanggar Seni Rumah Babeh Pondok Cabe Ilir Pamulang. Seniman Betawi Mastur, adik dari aktor Mandra  turut hadir dalam penyerahan hadiah di malam puncak.(din)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo