TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Istri Pejabat Pamer Harta Merembet Ke Kantor Pratikno

Laporan: AY
Senin, 20 Maret 2023 | 11:21 WIB
Salah satu unggahan Istri Esha Rahmansah Pratikno. (Ist)
Salah satu unggahan Istri Esha Rahmansah Pratikno. (Ist)

JAKARTA - Kalau mau kaya mendadak, jadilah penyelenggara negara walaupun gaji kecil tapi dijamin tajir melintir.” @wasim_achma

Kebiasaan istri pejabat yang suka pamer harta alias flexing di media sosial kini mulai merembet ke instansi lain. Kalau sebelumnya yang viral dan jadi sorotan adalah gaya hidup istri dari pejabat pajak, bea cukai, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan pejabat KPK. 

Kini, media sosial dihebohkan dengan aksi flexing seorang istri pejabat dari lingkungan Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg), lembaga yang kini dipimpin Mensesneg Pratikno. Dia adalah Esha Rahmansah Abrar (Kasubag Administrasi Kendaraan Biro Umum Kemensetneg). 

Lewat Instagram, istri Esha diketahui suka memposting foto-foto yang sedang memamerkan harta kekayaannya.

Dalam unggahan terbarunya, istri Esha lewat akun Instagram @vhia_ esaa, ketahuan sedang pamer membeli mobil baru. Dalam unggahan Instagram Storynya, akun tersebut mengabarkan baru saja membeli mobil MG 5 GT Magnify. Harga mobil tersebut juga tertulis Rp 407,9 juta. 

“Masha Allah baru kali ini beli mobil gak diniatin gegara terpesona lihat mobil kuning di Jalan Lenteng Agung tadi siang,” tulisnya.

Dalam unggahan lainnya, @vhia_esaa juga memperlihatkan kalau sang suami menghadiahinya tas mewah hingga emas batangan. Bahkan, ketika anniversary, sang istri sempat mengunggah kalau ia disuruh beli mobil kembali oleh suaminya.

Setelah ramai disorot, semua postingan akun @vhia_esaa itu dihapus. Tapi foto profilnya menampilkan seorang perempuan dengan baju merah muda sedang bergaya di samping mobil Mercy berkelir senada. Nomor polisinya, B 1410 VIA. 

Di samping mobil itu, ada Toyota Fortuner dengan plat nomor B 307 VIA. Tak hanya dunia maya, pihak kementerian yang dipimpin Pratikno juga ikut geram. Pihak Kemensetneg langsung menonaktifkan sementara Esa dari jabatannya.

“Untuk memudahkan melakukan verifikasi terkait kebenaran informasi yang berkembang,” sebut Karo Humas Kemensetneg Eddy Cahyono Sugiarto, lewat akun Instagram Kemensetneg, kemarin. 

Eddy juga meminta maaf atas perbuatan istri salah satu pegawainya tersebut. 

Ia mengatakan, pihaknya telah membentuk tim investigasi internal terkait kasus pamer harta itu. Pihaknya juga akan menyelidiki asal usul harta kekayaan Esha.

Meski hanya istri Esha yang ketahuan pamer harta, Kemensetneg memastikan pihaknya akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap seluruh harta aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan mereka.

Guna mempermudah penyelidikan, Setneg menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan lembaga terkait.

Eddy mengatakan, pihaknya memerlukan data dan fakta dari lembaga lain terkait harta kekayaan pegawainya. Ia pun berjanji akan buka-bukaan tentang temuan harta kekayaan pegawai Kemensetneg jika menjurus ke arah korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). 

“Kami mengumumkan hasilnya kepada publik, sebagai komitmen Kemensetneg untuk mendukung pemberantasan KKN dan praktik-praktik yang bertentangan dengan hukum,” pungkas Eddy. 

Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana menyambut baik permintaan Kemensetneg. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sumber harta pegawai Kemensetneg. Khususnya, aliran uang Esha Rahmansah. 

“Semua pihak terkait (diperiksa), tidak hanya yang bersangkutan,” tegas Ivan. 

Ia pun menjelaskan, koordinasi seperti ini bukan hal yang baru bagi PPATK. Sebab, investigasi aliran dana merupakan salah satu tugas, fungsi dan kewenangan PPATK terkait masalah-masalah internal di kementerian/lembaga. 

Ivan juga menegaskan, jika ada temuan yang mencurigakan maka hasilnya akan diserahkan langsung kepada aparat penegak hukum untuk ditindaklanjuti. Bukan hanya diberikan kepada Kemensetneg. 

“Jika ada unsur korupsi dan pencucian uang kami sampaikan ke penyidik terkait,” pungkasnya.

Meskipun postingan itu sudah dihapus, sejumlah pengguna media sosial sempat melakukan tangkapan layar dan membagikannya di medsos. Berbagai sindiran disampaikan banyak warganet terhadap kelakuan istri dari anak buah Pratikno itu. Akun @mazzini_gsp misalnya, yang mencuit pencopotan jabatan Esha garagara istrinya pamer. 

“Kasubag Administrasi Kendaraan Biro Umum Kemensetneg Esha Rahmansah Abrar dinonaktifkan dari jabatannya. Hal ini buntut dari viralnya gaya hidup mewah yang dipamerkan istrinya di media sosial. Lihat karpet ruang TV nya aja puyeng,” ujarnya. 

“Tuhan udah sabar nutupin aibnya, istrinya selebor di sosmed,” sindir @bsekutrem. Akun Detektif Kenangan dengan nama @rifqiazizian bersikap lebih bijaksana. 

Dia menyampaikan pesan kepada seluruh laki-laki jomblo agar lebih selektif dan pandai dalam mencari pasangan hidup. “Jadi gini gais, pasangan adalah pendamping hidup. 

Dia gak di depan juga gak di belakang, baiknya carilah pasangan yang punya mentalitas pejuang dan prihatin sama kondisi sekitar. Jadi pas kamu lagi berjuang pasangan kamu juga berjuang bukan pamer kekayaan, bikin ancur karirmu aja,” tulisnya.

"Yang kita mau tau duitnya darimana min, orang mau pamer rumahnya ada 14 juga gak apa-apa asal duitnya bukan dari korupsi ,” cuit @TxtDariSabut. “Kalau mau kaya mendadak, jadilah penyelenggara negara walaupun gaji kecil tapi dijamin tajir melintir,” timpal @wasim_achmad. rm.id

Komentar:
Eka hospital
Jadwal Puasa
Rspb
RsPB
Loker
ePaper Edisi 28 Maret 2024
Berita Populer
02
PKS Jagokan Kader Di Pilkada Tangsel

TangselCity | 2 hari yang lalu

06
Prakiraan Cuaca Tangerang Rabu 27 Maret 2024

Pos Tangerang | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo