TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Survei Trust Indonesia: Ganjar Capres Teratas, Elektabilitas 25,4 Persen

Laporan: AY
Selasa, 21 Maret 2023 | 15:47 WIB
(Foto : Istimewa)
(Foto : Istimewa)

JAKARTA - Lembaga survei Trust Indonesia merilis hasil survei mengenai elektabilitas calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Hasil survei yang dilakukan pada periode 28 Januari-6 Februari 2023 dengan total 2.200 responden menunjukkan bahwa

Ganjar Pranowo menjadi tokoh teratas dengan elektabilitas sebesar 25,4 persen. Di posisi kedua, menyusul Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 24,0 persen, dan Prabowo Subianto di posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 17,9 persen.

Dalam Diskusi Trust Forumbdi Whiz Hotel Cikini, Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal mengatakan, Ganjar Pranowo berhasil unggul di 11 provinsi, sedangkan Anies Baswedan unggul di 16 provinsi.

"Ganjar unggul di sebagian besar provinsi Pulau Jawa dan Papua," ungkapnya, Selasa (21/3). 

Azhari juga mengatakan, Pemilu 2024 akan menjadi medan persaingan antara Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Kekuatan elektabilitas keduanya ditentukan pada tokoh capres yang akan mendampinginya.

"Kemenangan kedua kandidat ini akan ditentukan oleh ketepatan memilih calon Wakil Presiden yang memiliki sebaran dukungan yang kuat di seluruh provinsi dan partai politik," tuturnya.

Survei ini dilakukan menggunakan metode multistage sampling dengan toleransi kesalahan +/- 2,09 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dengan demikian, hasil survei ini menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat dalam memilih calon presiden pada Pemilu 2024 yang akan datang.

Berikut adalah hasil survei elektabilitas capres 2024 :

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo