TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

World Beach Games

Koster Konsisten Tolak Israel

Laporan: AY
Minggu, 16 April 2023 | 10:41 WIB
Gebernur Bali I Wayan Koster (kiri) Menpora Dito Aritedjo (tengah) dan Ketua KOI Raja Sapta (kanan)
Gebernur Bali I Wayan Koster (kiri) Menpora Dito Aritedjo (tengah) dan Ketua KOI Raja Sapta (kanan)

BALI - Gubernur Bali, I Wayan Koster mendukung penuh pelaksanaan World Beach Games 2023 digelar di Pulau Dewata. Namun soal Timnas Israel, sikap Koster tidak berubah. Politisi PDIP tetap konsiste menolak Israel datang ke Bali.

Sejak awal, Koster memang menolak partisipasi Israel di World Beach Games 2023 yang berlangsung 5-12 Agustus mendatang. Ia menegaskan, tetap pada prinsipnya, bersandar pada konstitusi dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019.

Adapun salah satu satu poin Premenlu tersebut berisi larangan mengibarkan bendera serta menyanyikan lagu kebangsaan Israel di Indonesia. “Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang,” tegasnya di Pura Besakih, Karang Anyar, Bali, Rabu (5/4).

Sikap keras Koster ini membuat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo maupun Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari kalang kabut. Tak ingin kejadian pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 terulang, Menpora dan Ketua KOI bertolak ke Pulau Dewata, Jumat (14/4) untuk menemui Koster.

Apa hasilnya? Ternyata, kedatangan Dito dan Okto tidak sia-sia. Koster mulai melunak.

“Alhamdulillah, tadi sudah ada satu semangat, titik temu, dan Pak Koster mendukung penyelenggaraan World Beach Games,” katanya, saat ditemui pasca pertandingan Timnas Indonesia U-22 melawan Lebanon.

Apresiasi juga disampaikan Okto. Dia menyambut positif sikap Koster yang akhirnya mengizinkan pelaksanaan ANOC World Beach Games (AWBG) 2023. Ia bahkan langsung memberikan plakat berlogo AWBG yang kental dengan nuansa Bali kepada Wayan Koster.

“Dalam waktu dekat, akhir April ini kami akan mengadakan CdM Meeting, dan di situ akan keliatan negara mana saja yang sudah lolos kualifikasi,” ujar Okto dalam rilis tertulis.

Okto sendiri berterima kasih kepada Wayan Koster yang akhirnya melunak setelah sebelumnya sempat menolak AWBG 2023 di Bali karena terdapat atlet Israel yang ikut bertanding. Dalam diskusi yang dilakukan KOI dengan Menpora, semua pihak telah setuju bahwa AWBG 2023 akan berlangsung di pulau Dewata.

Kami berterima kasih kepada Gubernur Bali Wayan Koster. Beliau juga memberi solusi terkait salah satu venue yang masih tentatif, yaitu beach soccer di Nusa Dua. Beliau sampaikan akan membantu,” tambah Okto.

Usai pertemuan, Koster menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan World Beach Games 2023 di wilayahnya. “Baru saja kami berdiskusi bersama Pak Menpora dan Pak Okto (Ketum KOI),” kata Koster.

Ia membeberkan, perbincangannya dengan Dito dan Okto tak lepas dari pelaksanaan ajang yang mempertandingkan 14 cabang olahraga itu berjalan dengan baik. Begitu juga dari segi tata kelola, diharapkan berjalan lancar, karena membawa nama baik Indonesia.

“Oleh karena itu, sudah ada kesepakatan Bali tuan rumah, maka Pemprov Bali dan saya tentunya, saya akan memberi dukungan penuh agar acara ini berjalan lancar dan sukses,” cetus mantan anggota DPR RI ini.

Namun untuk atlet dari Israel, ternyata sikap Koster tetap tidak berubah. Dia menolak kehadiran Israel dalam World Beach Games 2023 meski sudah melakukan pertemuan dengan Dito dan Okto.

Koster menegaskan amanat dan kewibawaan konstitusi Undang-undang (UUD) Negara Republik Indonesia 1945 harus ditegakkan dalam penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Bali.

“Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Artinya penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Bali dilaksanakan tanpa kehadiran tim Israel,” tegas Koster, kemarin.

Pernyataan ini penting ia utarakan merespons berita yang sebelumnya beredar bahwa Gubernur Bali 1000 persen mendukung World Beach Games 2023 meski ada Israel.

“Saya tegaskan berita ini tidak benar, sikap saya tetap konsisten menolak kehadiran tim Israel dalam World Beach Games di Bali tahun 2023,” ujar Koster.

Koster juga menegaskan siap mendukung penuh penyelenggaraan World Beach Games di Bali berjalan lancar dan sukses. Namun, dengan syarat. “Sepanjang sesuai kesepakatan tanpa kehadiran tim Israel,” tegasnya.

Menanggapi sikap ini, warganet bereaksi. “Bagus pak Koster. Konsisten tolak Israel kalo tetap hadir,” cuit @budi_jul. “Salut bener dah sama Gubernur Bali Pak Koster. Gak nyangka juga ya. Oke,” cuit @Priyo__Muhammad. “Salut buat Pak Wayan Koster,” puji @Kyaigringsing62. “Salut Pak Gub Koster. Soekarnois sejati!” timpal @edut282.

“Koster amat konsisten dan tegas. Patut dijadikan menteri,” cetus @wrahardian2. Ada juga yang justru mencibirnya. “Gak belajar dari blunder, bodoh,” kritik @budikusumaarif. “Nanti kalau turis asing sepi, jangan minta tolong wisatawan domestik,” sindir @agusrotua. ***

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo