TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tangkap Yang Buang Sampah Sembarangan

Petugas DLH Dan Warga Patroli Di Pacuan Kuda

Laporan: Sudin Antoro
Selasa, 18 April 2023 | 07:25 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

PAMULANG - Patroli malam dilakukan petugas kebersihan karena banyak pengendara membuang sampah sembarangan di Pacuan Kuda, Pamulang. Setelah salat tarawih hingga waktu sahur, petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH), RT/RW dan Lurah, berjaga di sekitaran lokasi.
 Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Tangsel, Rastra Yudhatama menyampaikan, pihaknya mengimbau kepada para pengendara yang melintas di sepanjang kawasan Pacuan Kuda, khususnya untuk oknum yang sering buang sampah sembarangan jangan menjadi sebuah habit membuang sampah di lokasi tersebut.
 “Karena kami DLH sudah rutin melakukan pembersihan di pagi hari dan melakukan piket malam secara berkala di lokasi yang dimaksud,” pesannya.
 Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang turut membantu dalam menjaga lingkungan tetap bersih dan asri. Tanpa dukungan dari masyarakat akan sulit untuk menciptakan wilayah Tangsel bersih dan disiplin.
 “Kami mengapresiasi warga yang turut serta membantu pemerintah khususnya DLH dalam penanganan sampah secara liar di lapangan,” tambah ia.
 Ketua RW 01 Pamulang Barat, Ngadi mengatakan, upaya ini tidak akan berhenti sampai di sini. Begitu melihat oknum melempar karung dan plastik sampah, warga langsung mengejar dan meminta untuk mengambil kembali, ditambah membawa kemasan sampah untuk dibuang ke tempat yang semestinya. Ini dilakukan sebagai bentuk hukuman.
 “Kami bersama warga akan terus berupaya mengimbau agar orang-orang yang tidak bertanggung jawab itu segera menghentikan aksi buang sampah di jalan raya. Pokoknya, semua warga sepakat kalau masih ada oknum yang nekat,  warga tidak akan tinggal diam dan akan terus mengejar,” ujarnya.
 Dia melanjutkan, petugas DLH bersama pengurus RW dan RT memberikan imbauan serta peringatan agar tidak mengulanginya lagi. Dalam kesempatan itu, DLH mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pengurus RW, RT serta warga sekitar. 
 "Wajar mereka geram karena lingkungan yang tidak jauh dari tempat tinggalnya, dijadikan tempat pembuangan sampah liar. Maka sebagai tindak lanjut atas keluhan warga, kompak melakukan razia yang dihadiri Bapak Lurah Pamulang Barat, Rahmat Hidayat serta Bhabinsa. Beberapa orang yang ditangkap di antaranya oknum pedagang martabak, warteg, nasi padang, dan nasi goreng membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.
 Melalui Forum Ketua RW se-Kecamatan Pamulang, dia memohon kerja samanya agar para Ketua RW mengimbau warganya untuk tidak membuang sampah di area Pacuan Kuda Pamulang. “Maaf, ini bukan tuduhan, tetapi sebagai langkah preventif dan antisipatif agar tidak meluas," tutur Ngadi.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo