TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ganjar Lepas Kereta Mudik Gratis Kloter Kedua Rute Jakarta-Solo

Sambil Blusukan Di Stasiun Pasar Senen

Laporan: AY
Selasa, 18 April 2023 | 19:25 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berada di Stasiun Pasar Senen menemui pemudik yang hendak pulang kampung.  Foto : Ist
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berada di Stasiun Pasar Senen menemui pemudik yang hendak pulang kampung. Foto : Ist

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo tampak mucul di antara keramaian pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman menggunakan kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (18/4) siang.

Berbaju merah bertuliskan ‘Cuma Mau Mudik Nyambi Piknik’, Ganjar menyapa para pemudik dan keluarganya, mulai dari orang dewasa, anak-anak, hingga lansia.

Dalam kesempatan itu, Ganjar melepas keberangkatan 8 gerbong KA Jaka Tingkir berisi 608 perantau asal Jateng yang mengikuti program mudik gratis.

Sebenarnya ini tradisi tahunan, hampir tiap tahun kita melepas mudik dari warga. Pada saat pandemi kan kita tidak bisa melakukan seperti ini. Tahun lalu kita mulai angkat lagi tapi belum seramai ini,” kata Ganjar di lokasi.

Ganjar pun memuji layanan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang sudah menerapkan sistem digital. Di samping itu, kata Ganjar, fasilitas di kereta api juga semakin lengkap sehingga membuat pemudik nyaman.

Keretanya bagus, bersih sekali. Kalau yang subuh tadi keretanya ekonomi premium. Keretanya bagus sekali, walaupun bicara ekonomi tapi keretanya nyaman dan enak. Penumpang tadi saya lihat wajahnya ceria, semuanya tertawa,” katanya.

Pelepasan peserta mudik gratis ini adalah kloter kedua dari tiga kloter yang diberangkatkan Ganjar di Stasiun Pasar Senen. Kloter pertama sudah berangkat menggunakan KA Kutojaya Utara rute Jakarta-Kutoharjo subuh tadi, dan kloter terakhir akan melaju menggunakan KA Menoreh rute Jakarta-Semarang sore nanti.

“Tiga trip ini kita coba sediakan kepada masyarakat untuk yang mau mudik menggunakan kereta api mereka lebih nyaman sebenarnya sekaligus ini untuk menggeser konsentrasi pemudik yang biasa di jalan raya bisa kita pindah ke kereta api,” katanya.

 

Ganjar berharap, mudik nyaman dan berkesan yang dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat dirasakan para pemudik. Ganjar pun berpesan kepada mereka untuk menjaga kesehatannya.

 

Hati-hati jaga kesehatan, bawa seperlunya saja, yang penting sampai di rumah nanti bisa ketemu keluarga saling maaf bermaafan,” kata Ganjar.

Sebelumnya, Ganjar telah melepas warga Jateng yang mudik gratis pakai bus di Medan, Palembang, Lampung, dan Jakarta. Ganjar juga memfasilitasi mudik gratis pakai kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara yang sudah berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang pada Minggu (16/4). (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo